Ini Penjelasan Ahli Soal Hasil Tes COVID-19 Hidung Kanan-Kiri Beda
Health
Pandemi Virus Corona

Spesialis patologi klinik dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya menanggapi kasus langka dimana hasil tes COVID-19 dari hidung kiri dan kanan berbeda seperti yang dialami penyanyi asal Amerika Serikat Erykah Badu.

WowKeren - Sebuah temuan kasus langka virus Corona (COVID-19) kembali ditemukan. Kali ini seorang penyanyi asal Amerika Serikat Erykah Badu dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan tes Corona.

Namun, ia bingung pasalnya hasil tes miliknya justru menyebutkan 2 hal yang berbeda. "Tidak ada gejala. Sudah diuji COVID-19, dengan mesin yang sama. Lubang hidung kiri positif, lubang hidung kanan negatif," tulis Badu dilansir Billboard, Sabtu (21/11).

"Lucunya, dokter hanya melaporkan hasil yang positif saja," lanjutnya. "Apa yang terjadi di sini."

Peristiwa langka ini tentunya menuai perhatian para ahli. dr Thyrza Laudamy Darmadi SpPK, spesialis patologi klinik dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya pun buka suara menanggapi peristiwa ini.

Menurutnya, fenomena seperti itu tak umum terjadi. Sebab, biasanya hasil tes COVID-19 menggabungkan hasil swab hidung kiri dan kanan dalam satu media.


"Saya nggak pernah nemu yang kayak gitu karena biasanya kalau di kita itu, ya kalau ngambil swab hidung itu, pasti hidung kanan dan hidung kiri, dijadikan satu media," kata dr Thyrza dikutip dari Detikcom, Sabtu (21/11).

"Nggak pernah hidung kanan diperiksa satu media sendiri, hidung kiri di media sendiri, nggak ada," jelasnya. "Jadi biasanya hidung kanan dan kiri dijadikan satu di dalam satu media, dan satu media itu yang kita periksa. Jadi termasuk dalam satu sampel."

dr Thyrza menyebut kemungkinan fenomena ini terjadi karena ada kesalahan dalam pengambilan sampel. Bisa saja hasil negatif dari hidung kiri maupun kanan karena sampel yang diambil di hidung tidak terlalu dalam.

"Nggak sih, kalau menurut saya, bisa terjadi seperti itu bisa saja yang negatif itu memang dia tidak tercolek aja, memang tidak terkena aja gitu teknik pengambilan swab-nya," paparnya. "Sebenarnya sih, kalau pengambilan yang benar, itu nggak masalah mau dari kanan dari kiri itu pasti dia akan ketemunya di ujung di pojok itu di satu posisi yang sama, gitu."

"Jadi jangan salah, bukan di lubang hidungnya, kita tuh swab bukan di lubang hidungnya, tapi di nasofaring," pungkasnya. "Nasofaring itu adalah di bagian yang ujung."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts