Kabar Baik! Bill Gates Ramal Vaksin COVID-19 Bakal Siap Edar Februari 2021
Jack Taylor/Getty Images
Health

Bill Gates memprediksi vaksin-vaksin akan dinyatakan aman dan siap diedarkan pada Februari 2021 mendatang. Hal ini kurang lebih sejalan dengan rencana vaksinasi di Indonesia.

WowKeren - Pendiri raksasa Microsoft Bill Gates menjadi salah satu tokoh dunia yang kerap membagikan perkembangan terkini soal pengendalian wabah COVID-19. Salah satunya perihal pengadaan vaksin COVID-19, yang dalam "ramalan" terbarunya disebut akan siap edar pada Februari 2020.

Gates optimis vaksin Corona yang sedang dikembangkan di banyak perusahaan global dapat memberikan hasil yang baik. Apalagi karena beberapa di antaranya sudah mengumumkan hasil uji klinis fase ketiga yang positif.

Seperti misalnya Pfizer dan BioNTech yang mengklaim vaksinnya memiliki efektivitas sampai 95 persen. Selain itu ada pula perusahaan Moderna yang mengklaim efektivitas vaksin buatannya sampai 94,5 persen.

"Hampir semua vaksin akan bekerja dan dengan tingkat kemanjuran yang sangat tinggi," kata Gates dalam wawancaranya bersama CNN, dilansir pada Selasa (24/11). "Saya optimis bahwa pada Februari kemungkinan besar mereka (vaksin Corona) semua akan terbukti sangat manjur dan aman."


Kendati demikian, Gates mengingatkan agar masyarakat tidak lengah begitu saja dengan hasil positif dari uji klinis para calon vaksin Corona ini. Sebab menurut Gates masih ada sejumlah isu lain yang akan dihadapi dunia.

Termasuk soal peningkatan jumlah kasus positif karena sebagian negara akan memasuki musim dingin. Kemudian perihal distribusi vaksin pun masih harus dibahas lebih lanjut.

"Kami harus sangat khawatir enam bulan ke depan," imbuh Gates. "Dengan cara yang tidak sempurna, saya pikir (isu) logistik akan bisa diselesaikan. Seiring waktu, kami akan mencapai lebih dari 70 persen yang kami butuhkan untuk menghentikan penyebaran penyakit."

Karena itulah pendiri organisasi filantropi Bill and Melinda Gates Foundation mendesak masyarakat untuk tetap memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan selagi menunggu vaksin COVID-19. "Usahakan agar keluarga Anda tidak menjadi korban terakhir dalam pandemi ini karena Anda ingin melihatnya sampai musim semi, yaitu saat vaksin benar-benar akan mulai mengurangi angka (kasus COVID-19)," pungkasnya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts