Turunkan Kolesterol Hingga Lawan Sel Kanker, Ini 8 Manfaat Menakjubkan Chia Seed Untuk Kesehatan
Health

Chia seed atau biji chia mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Kendati demikian, biji ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya?

WowKeren - Chia seed atau biji chia mungkin masih cukup asing di telinga sebagian orang. Namun kini chia seed menjadi semakin populer karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Chia seed sendiri memiliki rupa yang mirip dengan biji selasih, namun keduanya berasal dari tanaman yang berbeda. Secara ilmiah, tanaman ini dikenal sebagai salvia hispanica yang berasal dari Meksiko dan telah lama dikonsumsi oleh suku Maya dan Aztec.

Chia seed mengandung banyak nutrisi baik seperti asam lemak omega-3, serat, protein, antioksidan, kalsium, fosfor, mangan, kalium serta tembaga. Semua nutrisi tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar fungsinya dapat berjalan dengan baik.

Biji ini dapat Anda peroleh di supermarket, toko khusus yang menjual bahan makanan sehat maupun di berbagai toko online. Umumnya, biji ini dikonsumsi secara mentah atau dicampur dengan sereal, beras, smoothies, yoghurt maupun sayuran. Nah agar Anda lebih semangat untuk mengkonsumsinya, sebaiknya simak dulu beberapa manfaatnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Unsplash/Robina Weermeijer

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi chia seed secara rutin adalah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh oleh West Virginia University, kandungan asam lemak omega-3 di dalam biji ini dapat meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Penelitian lain menunjukkan bahwa chia seed dapat mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi secara signifikan, yang merupakan risiko kuat penyebab penyakit jantung. Meski biji chia dapat memberikan manfaat tersebut, Anda harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi agar benar-benar terhindar dari penyakit kardiovaskular ini.

2. Mengurangi Peradangan Kronis


Mengurangi Peradangan Kronis
Shutterstock

Peradangan merupakan respon normal yang ditunjukkan oleh tubuh saat mengalami infeksi atau cedera. Meskipun peradangan dapat membantu tubuh menyembuhkan dan melawan bakteri maupun virus, kondisi ini juga dapat menyebabkan kerusakan. Bahkan peradangan kronis dapat meningkatkan risiko terkena kanker maupun penyakit berbahaya lainnya.

Untuk mencegah tubuh mengalami peradangan kronis, sebaiknya konsumsi chia seed secara rutin. Sebuah penelitian yang dilakukan selama tiga bulan terhadap 20 penderita diabetes menunjukkan bahwa konsumsi 37 gram biji chia setiap hari dapat mengurangi inflamasi hs-CRP hingga 40 persen. Sebaliknya, mereka yang hanya mengkonsumsi gandum tidak mengalami manfaat yang signifikan.

3. Mengurangi Kadar Gula Darah


Mengurangi Kadar Gula Darah
https://thesleepdoctor.com/

Salah satu gejala khas diabetes tipe 2 ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Selain itu, kadar gula yang tinggi juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis seperti jantung. Untuk mengurangi kadar gula darah dan meminimalisir risiko tersebut, sebaiknya mulai biasakan konsumsi biji chia.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi roti yang mengandung biji chia dapat mengurangi kadar gula darah jika dibandingkan dengan roti biasa. Bahkan menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, biji chia merupakan salah satu makanan yang bermanfaat dalam pengobatan diabetes karena memiliki kemampuan untuk memperbaiki tingkat tekanan darah.

4. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker


Melawan Pertumbuhan Sel Kanker
Unsplash/NCI/Thomas Ried

Tahukah Anda bahwa chia seed juga dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker? Sebuah studi in-vitro yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biokimia pada tahun 2013 menemukan bahwa asam alfa-linolenat (ALA) yang ada di dalam chia seed dapat membantu membatasi pertumbuhan sel kanker payudara dan leher rahim.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa senyawa tersebut dapat mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat di dalam tubuh. Yang tak kalah menarik, chia seed juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Unsplash/Quang Tri NGUYEN

Chia seed mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan fosfor yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika dikonsumsi secara rutin, chia seed dapat memperbaiki asupan kalsium pada tulang dan gigi, sehingga kekuatannya akan senantiasa terjaga.

Biji ini tentu menjadi alternatif asupan bagi mereka yang tidak boleh atau sedang menghindari susu. Kendati demikian, penting untuk mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat lainnya.

6. Menurunkan Kolesterol


Menurunkan Kolesterol
Unsplash/Hush Naidoo

Kadar kolesterol yang tinggi dapat membuat tubuh sangat kesakitan. Bila Anda atau anggota keluarga sedang mengalami keluhan ini, sebaiknya mulai konsumsi chia seed secara rutin. Kandungan asam lemak omega-3 dan lemak monounsaturated yang ada di dalamnya diketahui dapat menurunkan kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung koroner.

Ada banyak studi yang mendukung pernyataan tersebut. Salah satunya dipaparkan oleh The Academy of Nutrition and Dietetics yang menyatakan bahwa penambahan chia seed dalam makanan dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

7. Meningkatkan Energi dan Metabolisme


Meningkatkan Energi dan Metabolisme
Unsplash/Ben O'Sullivan

Manfaat satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berolahraga maupun melakukan aktivitas berat karena chia seed mampu membuat tubuh menjadi lebih bertenaga. Chia seed mengandung vitamin B, seng, zat besi dan magnesium yang dapat meningkatkan energi.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh University of New Hampshire, chia seed juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Karena itulah sebaiknya campurkan chia seed ke dalam minuman kemudian konsumsi setelah melakukan aktivitas berat atau olahraga.

8. Menjaga Kesehatan Kulit


Menjaga Kesehatan Kulit
Unsplash/Sam Manns

Memiliki kulit yang indah dan sehat menjadi impian hampir setiap orang. Untuk mewujudkan hal itu, Anda bisa mulai mengkonsumsi chia seed. Biji satu ini terbukti mampu mengurangi berbagai gejala penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, garis harus maupun kerutan.

Selain itu, kandungan omega-3 yang ada di dalamnya juga mampu meningkatkan sirkulasi serta mengurangi kekeringan dan peradangan pada kulit. Bahkan menurut studi yang dilakukan di Manchester, omega-3 tersebut mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Demikian delapan manfaat chia seed bagi kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk Anda. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

You can share this post!

Related Posts