The Weeknd Ngamuk Tak Masuk Nominasi Grammy Awards, Tuding Pihak Recording Academy Tak Transparan
Musik

Absennya The Weeknd dalam nominasi Grammy Awards 2021 menuai sorotan dari berbagai pihak. Terutama karena kesuksesan album terbaru pelantun 'Can't Feel My Face' tersebut, 'After Hours'.

WowKeren - Nominasi Grammy Awards 2021 yang diumumkan pada Selasa (24/11) waktu setempat rupanya tak disambut baik oleh sejumlah pihak. Salah satunya adalah The Weeknd, di mana ia meluapkan kekecewaannya pada pihak Recording Academy lantaran namanya sama sekali tak masuk dalam daftar nominasi.

Mantan kekasih Bella Hadid tersebut bahkan menuding pihak Recording Academy tak transparan dan korup karena tak memasukkan namanya dalam nominasi. Bukan tanpa alasan, pasalnya album dan lagi-lagu baru The Weeknd tercatat mendominasi tangga lagu Amerika Serikat serta menuai respons positif dari para kritikus.

"Grammy tetap korup. Kalian berutang transparansi kepada saya, penggemar saya, dan industri (musik)," tulis The Weekend di sejumlah media sosialnya tak lama setelah Recording Academy mengumumkan nominasi Grammy Awards 2021.

Tudingan korup yang dimaksud oleh pelantun "Can't Feel My Face" tersebut merujuk pada proses pemilihan nominasi yang selama ini dirahasiakan. Recording Academy juga merahasiakan identitas anggota komite yang memengaruhi pemilihan nominasi.

Di sisi lain, absennya nama The Weeknd dalam nominasi Grammy Awards 2021 sendiri sebenarnya menuai sorotan dari berbagai pihak. Terutama karena kesuksesan album terbaru pemilik nama asli Abel Tesfaye tersebut, "After Hours".


Melihat pencapaian-pencapaian itu, sejumlah pengamat dan media memprediksi The Weeknd akan masuk dalam salah satu kategori antara Pop Terbaik atau R&B Terbaik dalam Grammy Awards 2021.

Selain itu, sebelumnya The Weeknd juga memborong sejumlah piala American Music Awards 2020 (AMA 2020), mulai dari Favorite Male Artist - Soul/R&B, Favorite Album - Soul/R&B, dan Favorite Song - Soul/R&B.

Namun, dilansir dari Variety pada Rabu (25/11), seorang sumber membeberkan bahwa kisruh ini merupakan buntut perselisihan karena The Weeknd bakal tampil sebagai tamu di Grammy dan juga Super Bowl di hari yang bersamaan, 31 Januari 2021.

Nominasi yang diumumkan ini merupakan hasil dari pendaftaran karya yang diterima pihak Recording Academy dari ribuan musisi. Karya yang bisa didaftarkan adalah yang dirilis pada 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020.

"Saya mengamati, dan orang-orang di dalamnya adalah para profesional musik, dengan keahlian terbaik mereka dalam menulis dan memproduksi lagu serta ada banyak artis. Mereka secara kritis mendengarkan setiap lagu yang ada di meja mereka - atau meja virtual - jadi menurut saya itu tidak menunjukkan ada cacat dalam prosesnya," kata CEO Recording Academy, Harvey Mason Jr..

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru