Tak Hanya di Pegunungan, BMKG Ungkap Hujan Es Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah RI
Nasional

Pada umumnya, fenomena ini terjadi di wilayah pegunungan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan hujan es juga bisa terjadi di wilayah dataran rendah

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berbicara mengenai prediksi hujan es di Indonesia. Prakirawan BMKG Tomi Ilham mengatakan jika fenomena hujan es ini terjadi sangat singkat. namun, bisa terdeteksi setengah jam sebelum kejadian.

"Karena waktu kejadiannya cukup singkat," kata Tomi dilansir CNN Indonesia, Kamis (26/11). "Sehingga baru bisa terdeteksi sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum kejadian."

Ia mengingatkan jika fenomena ini tidak bisa diprediksi secara pasti. Pada umumnya, fenomena ini terjadi di wilayah pegunungan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan hujan es juga bisa terjadi di wilayah dataran rendah.

"Saat di daerah pegunungan umumnya ketinggian awannya relatif lebih dekat dengan permukaan bumi," kata Tomi melanjutkan. "Dibandingkan dengan di daerah dataran rendah."


Hujan es juga dipengaruhi oleh ketinggian awan Cumulonimbus. Sehingga semua wilayah di Indonesia memiliki potensi terjadi hujan es. Proses terjadinya hujan es sendiri ketika terjadi kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar.

"Karena ukurannya, mencair," kata Prakirawan BMKG Iqbal Fatoni masih dilansir CNN Indonesia. "Walaupun telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat, tidak semua es."

Hujan es pada umumnya terjadi disertai dengan hujan, petir, bahkan angin kencang. Hal ini disebabkan karena penyebab utama hujan es adalah daya angkat atau konvektif yang cukup kuat di wilayah tersebut, yang biasanya membentuk awan Cumulonimbus yang cukup tinggi.

Perlu diketahui jika hujan es ini tidak bisa disamakan dengan hujan salju. Hujan es terjadi lantaran dipicu oleh kondisi udara yang panas dan uap air yang cukup banyak. Hujan es bisa terjadi antara akhir musim kemarau dan awal musim hujan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru