Menteri KKP Ditangkap, Sandiaga Uno Disebut Berpeluang Jadi Penggantinya
Nasional
Menteri Tersangka Korupsi

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab, menilai peluang Sandiaga Uno cukup terbuka lebar untuk mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

WowKeren - KPK telah menetapkan sejumlah tersangka usai menangkap rombongan pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam operasi senyap di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/11) dini hari. Salah satunya adalah Menteri KKP Edhy Prabowo.

Penangkapan ini tentu membuat posisi Menteri KKP kosong. Baru-baru ini, nama Sandiaga Uno disebut-sebut berpeluang untuk menjadi pengganti Edhy Prabowo yang mengundurkan diri.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab, menilai peluang Sandiaga cukup terbuka lebar. Pasalnya, saat ini pria yang akrab disapa Sandi itu dianggap figur sentral di Gerindra selain Ketua Umum, Prabowo Subianto.


"Bisa jadi, beliau seperti kita ketahui cukup loyal terhadap Gerindra dan Prabowo, bukan tidak mungkin peluang itu ada," kata Fadhli dilansir Okezone, Kamis (26/11). Menurutnya, mantan pasangan Prabowo di Pilpres 2019 itu, memiliki banyak pengalaman di politik dan organisasi lainnya.

Selain itu, Sandiaga juga pernah menjabat di birokrasi pemerintahan daerah, menjadi Wagub DKI Jakarta. "Dia cukup banyak pengalaman, aku pikir hampir semua lini pernah dirasakannya. Pemerintahan pernah, pengusaha apalagi, organisasi sosial kemasyarakatan dll, aku pikir peluangnya terbuka," ujarnya.

Namun demikian, peluang menggantikan Edy juga terbuka bagi kader Partai Gerindra lainnya. Menurutnya, banyak kader yang pantas menduduki kursi Menteri KKP seperti Sufmi Dasco, Ahmad Muzani, Sodik Mujahid, Desmond, atau Fadli Zon. "Peluangnya sama, tinggal bagaimana Gerindra mengatur siapa yang paling cocok untuk diserahkan kepada Presiden, karena tetap saja keputusan ada di Presiden," pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pengganti sementara Menteri KKP. "Menko Luhut telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KKP," kata Juru Bicara Menko Marives, Jodi Mahardi, dikutip pada Kamis (26/11). "Maka Presiden (Jokowi) berkenan menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KKP Ad Interim."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts