Bikin Tambah Lemas Hingga Cedera, Jangan Coba-coba Lakukan 7 Hal Ini Sehabis Olahraga Ya!
Health

Namun olahraga juga harus dilakukan secara benar dan tidak asal-asalan. Beberapa hal spesifik dapat mengurangi efek optimal olahraga yang telah dilakukan dan berdampak pada kualitas kesehatan kalian.

WowKeren - Olahraga adalah salah satu cara yang sering dilakukan jika ingin memulai hidup sehat. Ada beragam manfaat olahraga yang dapat dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Olahraga merupakan obat ajaib yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, namun sering kali terabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Berolahraga melatih otot dan tubuh kalian bergerak. Penelitian bahkan membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas.

Namun olahraga juga harus dilakukan secara benar dan tidak asal-asalan. Beberapa hal spesifik dapat mengurangi efek optimal olahraga yang telah dilakukan dan berdampak pada kualitas kesehatan kalian. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 hal yang tak boleh dilakukan sehabis olahraga. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Menunda Minum


Menunda Minum
Unsplash/Boxed Water Is Better

Saat berolahraga, asupan cairan kalian akan dikeluarkan dalam bentuk keringat. Oleh karena itu kalian harus segera minum agar tak dehidrasi. Dehidrasi setelah berolahraga dapat menyebabkan kalian merasa lelah atau mengantuk meskipun sudah mencukupi kebutuhan waktu tidur.

Cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga perlu diganti karena kecukupan cairan tubuh penting bagi otak agar tetap berfungsi optimal serta demi menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Jika kalian berolahraga kurang dari satu jam maka pastikan Anda mendapatkan asupan cairan sekitar 240 ml setiap 15 menit, namun jika lebih ada baiknya mengonsumsi minuman isotonik.

2. Meminum Obat Nyeri Otot


Meminum Obat Nyeri Otot
https://www.readersdigest.ca/

Olahraga memang sering kali membuat nyeri otot di beberapa bagian. Ada orang yang tak terlalu terganggu dengan nyeri otot ini, namun ada juga yang sangat terganggu. Untuk mengatasi hal ini, sebagian orang mengonsumsi ibuprofen untuk mempercepat penyembuhan nyeri otot.

Padahal, dilansir laman The Healthy, konsumsi ibuprofen setelah berolahraga dapat menghambat sintesis protein dan memperlambat kemampuan tubuh untuk membentuk otot. Hal ini membuat otot yang kalian latih selama olahraga menjadi sia-sia.

3. Membiarkan Perut Kelaparan


Membiarkan Perut Kelaparan
Unsplash/Thought Catalog

Merasa lapar setelah berolahraga itu adalah hal yang wajar. Kebanyakan orang biasanya memilih untuk mengabaikan rasa lapar tersebut, karena berpikir makan akan membuat olahraga menjadi sia-sia. Apalagi bagi orang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan. Tapi nyatanya, rasa lapar setelah berolahraga itu adalah tanda bahwa nutrisi yang ada di dalam tubuh telah banyak berkurang karena digunakan untuk menghasilkan energy.

Sisa nutrisi yang tidak terpakai, tidak akan cukup untuk memulihkan tubuh yang kelelahan. Jadi, kalian disarankan untuk mengonsumsi makanan 15-30 menit setelah berolahraga. Jika kalian menunggu lebih lama dari jangka waktu tersebut, maka kemungkinan besar kemampuan otot untuk tumbuh dan bergenerasi akan berkurang. Selain itu, tubuh kalian juga akan susah pulih dan lemas terus.

4. Melewatkan Peregangan Pendinginan


Melewatkan Peregangan Pendinginan
Pexels

Setelah lari selama satu jam, mungkin kalian akan merasa sangat lelah bila harus berjalan lagi selama lima menit. Namun dengan melakukannya, kalian memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke kondisi semula. Pendinginan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk untuk menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap.

Selain pendinginan, peregangan juga penting untuk dilakukan setelah olahraga. Peregangan berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang dilatih dan terkontraksi saat olahraga. Tidak melakukan peregangan dengan baik setelah kalian melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan kram otot Jadi, kebiasaan buruk setelah olahraga seperti lupa untuk pendinginan perlu dihentikan, ya.

5. Kalap Makan


Kalap Makan
Unsplash/Artem Labunsky

Meski dianjurkan memakan makanan dengan segera, namun memakan makanan terlalu banyak setelah berolahraga dapat menghambat hilangnya lemak tubuh. Hal tersebut dikarenakan makan terlalu banyak akan meningkatkan asupan kalori harian sehingga kalori yang telah digunakan kemungkinan masih lebih sedikit dibandingkan dengan yang dikonsumsi.

Selain itu, hindari konsumsi makanan olahan dan berlemak karena selain tinggi kalori jenis makanan tersebut cenderung sulit dicerna oleh tubuh dan menghambat proses pemulihan. Oleh karena itu, tunggu kurang lebih 30 menit setelah olahraga untuk makan dan hindari makan secara berlebihan.

6. Melanjutkan Aktivitas Berat


Melanjutkan Aktivitas Berat
Shutterstock

Umumnya, setelah berolahraga otot akan mengalami kelelahan bahkan mungkin juga terjadi kerusakan di beberapa jaringan otot. Melakukan aktivitas berat setelah berolahraga tanpa memberi jeda waktu untuk beristirahat dapat menyebabkan otot yang lelah menjadi cedera. Begitu juga kalau kalian yang tetap lanjut berolahraga meskipun sudah mengalami kelelahan otot akan berisiko tinggi mengalami nyeri atau cedera.

Aktivitas yang menuntut kekuatan otot terlalu banyak, seperti naik tangga yang tinggi atau angkat barang berat segera setelah berolahraga dapat membuat otot kelelahan atau bahkan cedera. Jadi, beri waktu untuk otot beristirahat dan pemulihan selama beberapa jam atau beberapa hari.

7. Menunda Mandi Dan Membersihkan Diri


Menunda Mandi Dan Membersihkan Diri
Unsplash/Laura Marques

Pakaian yang basah adalah lingkungan yang sangat disukai bakteri. Karenanya, tidak segera mengganti pakaian olahraga yang telah tercampur dengan keringat dapat menyebabkan infeksi jamur atau jerawat pada tubuh. Untuk itu, kamu perlu mandi dan mengganti pakaian sesegera mungkin setelah berolahraga.

Selain itu, dilansir laman Men's Health, segera mandi, ganti baju, kaus kaki, dan sepatu setelah olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah dan mempercepat proses pemulihan otot pascaolahraga. Jadi, sebisa mungkin, segeralah mandi dan mengenakan pakaian baru, agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan baik.

Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips yang bisa kalian lakukan agar tubuh cepat pulih sehabis olahraga. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh para wanita hamil.

You can share this post!

Related Posts