FIFA Diminta 'Pensiunkan' Nomor 10 untuk Hormati Mendiang Diego Maradona
Getty Images
Selebriti

Diego Maradona mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (25/11) malam waktu setempat. Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun karena serangan jantung.

WowKeren - Pelatih Marseille, Andre Villas-Boas, meminta FIFA selakuk induk organisasi sepak bola dunia untuk mempensiunkan nomor 10 dari sepak bola. Menurut pelatih asal Portugal itu, hal tersebut merupakan sebuah penghormatan kepada mendiang Diego Maradona yang identik dengan nomor punggung 10 ketika aktif bermain.

"Saya pikir FIFA harus menghargainya (Maradona) dengan mempensiunkan nomor 10 dari semua tim di semua kompetisi. Ini adalah cara yang tepat untuk menghargai memori pemain terbaik sepanjang masa," kata Villas-Boas.

Sebagai bentuk penghormatan, Argentina menetapkan tiga hari untuk berkabung atas kepulangan pemenang Piala Dunia 1986 tersebut. Bakan hanya itu. Napoli, klub yang dibela Maradona pada 1984 hingga 1991, bahkan berniat meniyisipkan namanya ke stadion San Paolo.

Di sisi lain, Diego Maradona mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (25/11) malam waktu setempat. Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun karena serangan jantung.


Sebelumnya pada awal November, Maradona sempat dilarikan ke rumah sakit karena ada gumpalan darah di otak dan tengkoraknya. Operasi otak pun dijalani dan berjalan sukses hingga diperbolehkan pulang pada 11 November lalu. Tetapi, pada akhirnya Maradona tetap meninggal dunia karena penyebab lainnya.

Putrinya, Gianinna Maradona, sempat mengungkapkan gaya hidup legenda sepak bola tersebut yang dinilai sangat buruk dan tak sehat, Gianina menilai bahwa gaya hidup Maradona yang sangat buruk berpengaruh pada karier dan kesehatannya.

Dilansir dari Daily Star, setahun sebelum meninggalnya Maradona, Gianinna pernah menceritakan soal gaya hidup sang ayah yang dinilai sangat buruk sejak masa lalu. Ia membeberkan bahwa ayahnya telah kecanduan obat-obatan terlarang.

"Dia tidak sekarat karena tubuhnya telah memutuskan demikian, dia terbunuh dari dalam dan tidak menyadarinya. Saya tidak percaya dengan parameter normal, tapi itu jauh dari kenyataan yang pantas dia dapatkan," tulis Giannina di akun Instagram pribadinya.

Terlepas dari hal tersebut, hingga kini ucapan belasungkawa terus mengalir untuk sang legenda sepak bola yang juga dikenal sebagai "Tangan Tuhan" tersebut. Sejumlah bintang besar sepak bola dunia seperti Lionel Messi hingga Cristiano Ronaldo juga tak luput mengungkapkan dukacita mereka atas kepergian Maradona.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts