Hilangkan Rasa Tidak Nyaman, Begini 7 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Punggung Setelah Melahirkan
Health

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri punggung yang muncul setelah melahirkan. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Selama hamil para wanita akan mengalami berbagai kondisi yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Seperti terasa nyeri saat duduk dan berbaring, kram di perut bagian bawah, sakit di area tulang ekor, pinggang dan lain sebagainya. Sayangnya, kondisi ini takkan menghilang begitu saja bahkan setelah Anda melalui persalinan.

Setelah melahirkan, Anda akan mengalami nyeri punggung yang disebabkan karena peningkatan beban tubuh pada tulang belakang dan otot punggung. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh efek persalinan yang lama atau sulit serta posisi menyusui yang tidak tepat. Jika kondisi ini dibiarkan, Anda akan terus kesakitan dan tidak fokus merawat si kecil.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri punggung pasca persalinan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Olahraga Ringan


Olahraga Ringan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan olahraga ringan. Kondisi tubuh pasca melahirkan mungkin membuat kita malas bergerak, namun sebaiknya lakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kekuatan otot sekaligus menjaga kelenturannya. Jika otot menjadi lentur, risiko mengalami nyeri punggung setelah melahirkan dapat diminimalisir.

Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan setelah melahirkan, seperti berjalan dan yoga. Di minggu pertama, Anda bisa berjalan dengan jarak pendek di dalam rumah. Tingkatkan jarak dan durasinya jika kondisi tubuh Anda sudah semakin membaik. Sedangkan untuk yoga, sebaiknya lakukan selama 10 menit dengan hati-hati dan hindari posisi peregangan yang berlebihan.

2. Perhatikan Posisi Menyusui


Perhatikan Posisi Menyusui

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, posisi menyusui yang salah bisa menjadi penyebab munculnya nyeri punggung. Untuk itu, sebaiknya perhatikan posisi menyusui agar Anda dapat memberikan ASI bagi si kecil tanpa harus merasakan efek menyakitkan setelahnya.

Saat menyusui, usahakan untuk duduk di kursi yang memiliki sandaran lengan dan gunakan bantal sebagai penyangga punggung dengan posisi kaki menyentuh lantai. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir rasa tidak nyaman karena sakit punggung.

3. Mandi dengan Air Hangat


Mandi dengan Air Hangat

Jika dokter mengizinkan dan kondisinya memungkinkan, Anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk meredakan nyeri punggung. Air hangat dapat membuat otot dan ligamen yang tegang menjadi lebih rileks, sehingga nyeri punggung yang Anda rasakan dapat mereda.

Namun jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk mandi, sebaiknya kompres tubuh dengan air hangat. Sebelum itu, Anda harus melapisi punggung terlebih dahulu menggunakan kain yang lembut. Dan jika sedang senggang, sebaiknya letakkan botol berisi air hangat di punggung untuk meredakan rasa nyeri.

4. Jaga Posisi Tubuh


Jaga Posisi Tubuh

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri punggung adalah dengan menjaga posisi tubuh. Sebaiknya jaga postur tubuh dan punggung tetap lurus, baik saat berdiri maupun duduk. Bila Perlu, letakkan bangku di lantai agar Anda dapat menaikkan kaki dan mengurangi tekanan pada pinggang.

Saat hendak duduk, bergeraklah mulai dari lutut, bukan dengan punggung. Begitupun ketika Anda hendak mengangkat sesuatu atau menggendong bayi, sebaiknya gerakkan lutut untuk meminimalisir beban di punggung. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat nyeri punggung.

5. Hindari Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat


Hindari Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat

Setelah melalui persalinan yang berat, tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan diri. Otot-otot dan persendian juga perlu diistirahatkan agar tidak menimbulkan nyeri tak tertahankan. Karena itu, usahakan untuk menghindari berbagai aktivitas fisik yang terlalu berat karena dapat memberikan tekanan pada otot maupun persendian. Jika nekat melakukannya, nyeri punggung yang Anda alami akan bertambah parah.

Namun jika Anda terpaksa untuk mengangkat beban berat seperti memindahkan kursi atau bak bayi, pastikan untuk menjaga punggung tetap lurus. Caranya mudah, Anda bisa mendekap benda di depan dada kemudian angkat dengan bertumpu pada kekuatan otot tungkai, bukannya otot punggung. Dengan begitu, Anda bisa bergerak dengan nyaman tanpa harus merasakan nyeri punggung.

6. Gunakan Korset


Gunakan Korset

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri punggung setelah melahirkan adalah dengan menggunakan korset. Cara kerjanya adalah dengan menopang bagian perut dan pinggang untuk mengurangi rasa sakit akibat nyeri punggung pasca persalinan.

Selain itu, penggunaan korset juga dapat memperbaiki postur tubuh dan membuat badan terlihat ideal seperti sebelum hamil. Namun ingat, usahakan tidak menggunakan korset yang terlalu kencang atau ketat karena dapat menghambat sirkulasi darah serta menekan otot nafas.

7. Sempatkan Relaksasi Sebelum Tidur


Sempatkan Relaksasi Sebelum Tidur

Tips terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah menyempatkan relaksasi sebelum tidur. Cara ini meliputi peregangan tubuh, latihan pernafasan dan pijatan di bagian punggung. Jika dilakukan secara rutin, relaksasi ini dapat meredakan nyeri punggung sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Demikian tujuh tips dan cara mengatasi nyeri punggung setelah melahirkan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips ampuh mengatasi baby blues setelah melahirkan. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai pantangan yang harus dihindari setelah melakukan operasi caesar.

You can share this post!

Related Posts