Ini Alasan Fadli Zon Dinilai Cocok Jadi Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo
Instagram/fadlizon
Nasional

Nama Edhy Prabowo telah menghebohkan publik baru-baru ini usai ia ditangkap KPK atas kasus korupsi. Sosok Fadli Zon lantas digadang-gadangkan cocok menjadi Menteri KKP karena faktor ini.

WowKeren - Ditangkapnya Edhy Prabowo oleh KPK karena kasus korupsi secara otomatis telah membuat kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi kosong. Sejumlah nama yang dianggap cocok dalam menggantikan Edhy sebagai Menteri KKP pun mulai bermunculan.

Salah satu nama yang dinilai berpeluang menggantikan Edhy Prabowo adalah Anggota DPR Fadli Zon. Alasan Fadli dinilai cocok menjabat sebagai Menteri KKP lantaran posisi itu sebelumnya dijabat oleh Edhy yang merupakan tokoh Partai Gerindra.

Fadli sendiri merupakan Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra. Selain Fadli, nama Sandiaga Uno juga digadang-gadangkan dapat menggantikan posisi Edhy sebagai Menteri KKP.

"Jadi tentunya yang paling berpeluang adalah dari tokoh Gerindra," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari seperti dilansir dari Detik, Jumat (27/11). "Dilihat dari latar belakang kelima nama elite Partai Gerindra, yang berpeluang masuk menggantikan Edhy Prabowo sebetulnya ada dua nama, Sandiaga Uno dan Fadli Zon."


Menurut Qodari, ada dua kriteria yang dinilai berpotensi sebagai pengganti Edhy. Kriteria pertama adalah memiliki jabatan yang tinggi di partai. Sedangkan kriteria kedua adalah dekat dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Lebih lanjut Qodari menyebut sosok Fadli Zon dan Sandiaga Uno memiliki dua kriteria itu. Walau demikian, ia mengatakan sosok Sandiaga Uno lebih memiliki peluang tinggi dari Fadli Zon lantaran dirinya merupakan pasangan Prabowo dalam kontestasi Pilpres 2019, sehingga dianggap memiliki kedekatan dengan Prabowo.

"Kemungkinan Sandiaga Uno untuk menjadi menteri, sangat menarik karena apa, karena Sandiaga Uno itu calon wakil presiden dari Prabowo," jelas Qodri. "Jadi, kalau dia masuk, wah komplet ini rekonsiliasi politik. Dan di sisi yang lain, dengan masuknya Sandiaga Uno, harusnya peluang kinerja yang lebih bagus juga akan terjadi."

"Jadi menteri pengganti Edhy Prabowo harus jauh lebih bagus," sambungnya. "Karena harus menutup citra yang jelek dari yang ditimbulkan Edhy Prabowo dan saya melihat potensi itu ada di Sandiaga Uno."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru