Dinilai Diskriminatif, Lowongan Kerja Bappenas Tuai Kritikan
Nasional

Lowongan kerja yang ditawarkan Badan Perencanaan Pembangunan Ekonomi Nasional (Bappenas) menuai kritikan dari Mantan Ketua DPR, Marzuki Alie karena dinilai diskriminatif.

WowKeren - Badan Perencanaan Pembangunan Ekonomi Nasional (Bappenas) membuka lowongan kerja. Posisi yang ditawarkan adalah Tenaga Pendukung Ekonomi, untuk ditempatkan di Direktorat Regional I Bappenas.

Namun, lowongan pekerjaan tersebut mendapat kritikan lantaran dinilai diskriminatif. Pasalnya, dalam salah satu persyaratan yang ditetapkan terselip keterangan 'Berasal dari perguruan tinggi negeri dengan akreditasi A dan IPK minimal 3,25 (Skala 4)' pada bagian Kualifikasi Umum.

Mantan Ketua DPR, Marzuki Alie pun dengan vokal mengkritik persyaratan tersebut sebagai hal diskriminatif terhadap lulusan perguruan tinggi swasta. "Ini sangat diskriminatif, memangnya Bappenas hanya milik PTN? Memang alumni PTN saja yang bayar pajak?" tulis Marzuki Alie di akun twitternya, Kamis (26/11).

Marzuki Alie juga mengingatkan bahwa lulusan perguruan tinggi swasta justru jauh lebih banyak, dengan kualitas lulusan yang tidak kalah dengan lulusan perguruan tinggi negeri. Satu hal yang juga disinggung Ketua DPR periode 2009-2014 itu adalah bahwa baik lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta, sama-sama pembayar pajak sehingga berhak untuk diperhatikan dan mendapat perlakuan setara dari negara. "Jangan lupa kita semua anak bangsa bayar pajak," tandas Marzuki Alie.


Dinilai Diskriminatif, Lowongan Kerja Bappenas Tuai Kritikan

Twitter

Sementara itu, seorang pejabat di Bappenas menjelaskan, lowongan kerja dimaksud adalah untuk posisi pekerja kontrak. Dia juga membenarkan sinyalemen Marzuki Alie, bahwa lulusan swasta pun kualitasnya banyak yang bagus.

Dalam lowongan kerja penerimaan formasi CPNS Bappenas, menurutnya, ada juga kandidat yang diterima dari perguruan tinggi swasta. "Lulusan UMY, UII misalnya, diterima juga kok sebagai CPNS Bappenas. Karena faktanya memang mereka top," kata pejabat itu.

Seperti yang telah diketahui, Bappenas telah membuka lowongan kerja untuk sarjana lulusan ekonomi sebagai Tenaga Pendukung Ekonomi. Lowongan kerja yang ditawarkan Bappenas ini, dibuka hingga batas akhir pada 4 Desember 2020.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru