Tidur Di Kamar Sendiri Ternyata Simpan 7 Manfaat Ini Bagi Anak, Berpengaruh Pada Tumbuh Kembangnya!
SerbaSerbi

Membiarkan anak tidur sendiri bertujuan untuk membuatnya mendapatkan tidur yang lebih berkualitas demi mendukung tumbuh kembangnya. Selain itu, tidur di kamar sendiri juga bisa membawa beberapa manfaat untuk karakter anak.

WowKeren - Saat masih kecil, banyak orang tua yang lebih memilih untuk tidur bersama sang buah hati agar bisa mengawasinya. Hal ini tak sepenuhnya salah, namun ada baiknya hal itu tak terus-terusan dilakukan. Mengajarkan anak tidur sendiri di kamar terpisah juga diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Tak langsung sejak bayi, orangtua bisa mulai mengajarkan anak tidur sendiri sejak berumur 4 tahun. Paling lambat orangtua mengajarkan anak tidur di kamarnya sendiri pada usia 12 tahun. Untuk bayi, orangtua boleh membiarkan bayi untuk tidur sendiri di kamar terpisah sejak usia 4 bulan. Namun, orangtua harus memastikan agar letak kamar bayi dan orangtua berdekatan dan secara keseluruhan masih dapat terpantau oleh orangtua.

Membiarkan bayi tidur sendiri bertujuan untuk membuatnya mendapatkan tidur yang lebih berkualitas demi mendukung tumbuh kembangnya. Selain itu, tidur di kamar sendiri juga bisa membawa beberapa manfaat untuk karakter anak. Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat yang bisa anak dapatkan jika tidur sendiri. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bantu Anak Mengenal Dirinya Sendiri


Bantu Anak Mengenal Dirinya Sendiri

Anak yang punya kamar sendiri membuatnya bisa mengenal dirinya sendiri. Anak bisa mengerti apa yang disuka dan apa yang tak disuka. Anak yang mempunyai kamar sendiri akan mulai belajar mempunyai otonomi diri sendiri. Biarkan anak dengan bebas mengatur barang-barang di kamarnya, termasuk memilih nuansa dan desain kamar.

Hal ini juga membuat anak dengan mudah mengekspresikan diri sendiri. Hobi dan minat anak jadi mulai terlihat dari benda-benda apa saja yang ingin mereka masukkan dalam kamarnya. Dengan begitu, sang anak akan belajar bagaimana mempunyai otonomi sendiri sehingga dapat terbawa ke aktivitas dan pergaulannya agar tidak canggung.

2. Melatih Anak Mandiri


Melatih Anak Mandiri

Salah satu manfaat membiasakan anak tidur sendiri adalah melatih rasa kemandirian si Kecil sejak dini. Saat punya kamar sendiri, minta anak untuk membereskan tempat tidurnya, meja belajar, dan kamarnya. Apabila kamarnya berantakan, orang tua bisa mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan kamar.

Hal ini akan membuat anak terbiasa saat mereka menata kamarnya sendiri meski tak disuruh. Meskipun mungkin tidak serapi orang tua saat membereskannya, namun dari hal kecil ini ternyata berdampak sangat besar bagi tumbuh kembang anak nantinya.

3. Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak


Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

Tanpa disadari, tidur sendiri ini juga dapat sekaligus meningkatkan kepercayaan diri anak yang dimulai sejak mereka berani tidur sendiri. Terbentuknya kepercayaan diri ini nantinya akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak kelak. Termasuk salah satunya saat mereka mulai menjalin pertemanan dengan teman sebayanya.

Jika anak telah berani tidur sendiri di kamar, orangtua harus memberikan pujian akan hal ini, sehingga percaya dirinya akan meningkat. Konsep diri atau self concept anak akan terbentuk dengan baik, karena anak mempunyai bekal percaya diri yang cukup. Rasa percaya diri tersebut akan memengaruhi pergaulan dia sehari-hari dengan temannya.

4. Kenalkan Soal Aturan Dan Privasi Pada Anak


Kenalkan Soal Aturan Dan Privasi Pada Anak

Alasan mengapa anak harus dibiasakan tidur sendiri adalah mengenalkan anak pada prinsip privasi. Bisa dibilang, kebiasaan ini akan menjadi bekalnya kelak kalau mereka juga akan mengenal ruang privasi, baik untuk dirinya maupun orang lain.

Si Kecil perlu belajar bahwa orang tua memiliki hubungan sendiri, sehingga jika ia diasingkan, hal itu bukan karena ia tidak disayang, tapi karena orang lain butuh quality time-nya sendiri. Orang tua yang mengajarkan anaknya lebih dulu tentang privasi cenderung membuat anak menghargai prinsip-prinsip hidup orang lain yang berbeda darinya.

5. Buat Anak Disiplin


Buat Anak Disiplin

Anak-anak biasanya memiliki jam tidur yang tak pasti. Ada kalanya mereka akan memberotak dan tak ingin tidur meski orangtua sudah lelah dan ingin berisitirahat. Membiasakan anak mulai tidur sendiri adalah salah satu pelajaran untuk membuatnya terbiasa disiplin dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

Orangtua pun harus bisa mendisiplinkan diri sendiri dengan tidak tergoda menggendong atau selalu menemaninya. Orangtua pun jangan lelah mengingatkan anak terus menerus untuk disiplin tidur di kamarnya sendiri. sesuai dengan jam tidur yang berlaku. Dengan begini, kelak anak akan terbiasa untuk teratur dan kecil kemungkinan untuk “kabur” dari keputusan yang telah dibuatnya.

6. Bantu Anak Lawan Rasa Takut


Bantu Anak Lawan Rasa Takut

Pada awalnya anak mungkin enggan untuk tidur sendirian di kamar mereka. Alasannya biasanya takut kegelapan, monster di dalam lemari, atau bahkan hantu. Ketakutan seperti ini normal dan bisa jadi juga terjadi pada orang dewasa. Namun, hal yang perlu diberitahukan pada Si kecil adalah ketakutan harus bisa mereka atasi.

Hal simpelnya adalah dengan melatih anak tidur di kamar mereka sendiri. Jika orangtua terus berada di sisinya, ia tidak akan pernah bisa mengetahui bagaimana mengatasi rasa takutnya. Sebaliknya kepercayaan diri anak umumnya akan meningkat saat mereka dapat menguasai ketakutannya sendiri yang pastinya dengan bimbingan orang tua.

7. Tidur Anak Makin Nyenyak


Tidur Anak Makin Nyenyak

Tidak hanya dari sisi kemandirian saja, manfaat lain membiasakan anak tidur sendiri adalah membantunya untuk tidur lebih nyenyak. Jika anak tidur sendiri, pastinya tidak akan terganggu dengan suara lain, seperti misalnya saat orangtua sedang sibuk berdiskusi.

Selain itu, saat anak semakin besar, akan ada banyak hal yang ia tidak perlu ketahui, semisal pertengkaran rumah tangga atau perbincangan orangtua. Dengan memiliki kamar sendiri pun, orangtua memiliki ruang privasi, sehingga tidak akan mengganggu anak atau sebaliknya.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa hal yang periu kalian perhatikan dalam menata kamar bayi. Simak juga yuk artikel ini untuk mengetahui beberapa tips yang bisa bantu kalian bikin kamar tidak mudah berdebu.

You can share this post!

Related Posts