Ribuan Warga Israel Kembali Gelar Demo Tuntut PM Benjamin Netanyahu Mundur
Dunia

Demo tersebut melanjutkan kampanye berbulan-bulan menuntut pengunduran diri Netanyahu. Netanyahu diminta mundur karena korupsi dan penanganannya terhadap virus corona.

WowKeren - Sekitar 1.000 pengunjuk rasa berkumpul di luar kediaman Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada Sabtu (29/11) malam waktu setempat.

Dilansir dari CNN, demo tersebut melanjutkan kampanye berbulan-bulan mereka menuntut pengunduran dirinya. Berbagai kelompok akar rumput telah mengadakan protes mingguan, mengatakan Netanyahu harus mundur ketika dia diadili karena korupsi dan karena penanganannya terhadap virus corona (COVID-19) di Israel.

Setelah dua penguncian wilayah tahun ini, ekonomi Israel sedang terpuruk dan ratusan ribu orang Israel tetap kehilangan pekerjaan. Banyak pengunjuk rasa adalah orang Israel yang kehilangan pekerjaan.

Setelah enam bulan demonstrasi dan dengan cuaca dingin, massa protes mulai menyusut. Tetapi peserta tetap vokal dan bersemangat pada Sabtu lalu. Hampir semua memakai topeng, meski tidak semua orang mengamati jarak sosial. Banyak yang memegang bendera Israel dan merah jambu, salah satu simbol gerakan protes.


Sedangkan pengunjuk rasa lainnya mengangkat model kapal selam, merujuk pada skandal pembelian kapal selam Jerman oleh Israel di mana beberapa rekan Netanyahu telah terlibat.

Para demonstran disebutkan telah melakukan aksi protes selama berminggu-minggu di Balfour Street dan Tel Aviv. Polisi Israel dikabarkan meminta kepada Pengadilan Tinggi untuk menolak petisi yang menentang demonstrasi oleh puluhan penduduk di Yerusalem, Rehavia, dan Talbieh. Memihak para demonstran, polisi mengatakan kepada pengadilan bahwa setiap upaya untuk membatasi aksi unjuk rasa akan mengganggu kebebasan untuk berbicara.

Polisi mengatakan mereka tidak akan membatasi jumlah peserta atau memindahkan protes ke tempat lain. Pasukan juga menolak seruan untuk membatasi aksi unjuk rasa karena kekhawatiran kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Netanyahu dan para pendukungnya sendiri mengutuk keras aksi demonstrasi ini. Ia dan para pendukungnya bahkan menyebut para demonstran dengan bertingkah anarkis. Netanyahu diadili atas serangkaian kasus dugaan korupsi. Dia diduga menerima hadiah mewah sebagai suap dari sejumlah miliarder.

Netanyahu sendiri belum ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu, meskipun saingannya, Menteri Pertahanan Benny Gantz, memerintahkan penyelidikan kasus tersebut minggu ini. Protes yang lebih kecil juga terjadi di persimpangan dan jembatan layang di seluruh Israel, dan di rumah pribadi Netanyahu di kota pesisir kelas atas Caesaria.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts