Unik! Muncul Ide Redupkan Matahari Demi Lawan Pemanasan Global, Caranya Bagaimana?
Unsplash/Mirko Bozic
SerbaSerbi

Pemanasan global menjadi ancaman nyata bagi kehidupan umat manusia. Ahli pun berencana untuk melawan global warming dengan meredupkan Matahari. Caranya bagaimana?

WowKeren - Perubahan iklim telah menjadi ancaman nyata bagi kelangsungan hidup manusia hingga makhluk hidup di Bumi. Salah satu pemicu terbesar perubahan iklim adalah pemanasan global yang memang telah menjadi permasalahan serius dunia.

Sejumlah ilmuwan di berbagai negara pun terus berupaya untuk menciptakan cara mengurangi dampak global warming. Baru-baru ini, muncul ide yang sangat unik dan menarik dalam mengatasi pemanasan global.

Dilansir dari Futurism, para peneliti dari Universitas Cape Town, Afrika Selatan berencana meredupkan Matahari sebagai langkah mengurangi dampak pemanasan global. Cara unik ini dilakukan dengan melepaskan partikel kecil ke atmosfer Bumi.

Partikel reflektif ini dijelaskan oleh peneliti terbuat dari aerosol sulfur dioksida. Nantinya, partikel tersebut akan memantulkan kembali cahaya Matahari sehingga cahaya yang masuk ke Bumi menjadi lebih redup.

Teknik yang digunakan untuk meredupkan cahaya Matahari itu bernama dengan teknik geoengineering. Melalui teknik itu, peneliti mengklaim dapat mengurangi pemanasan global dan bahkan mencegah kekeringan di Bumi.


Rupanya, teknik geoengineering memang diyakini dapat mengurangi kekeringan besar-besaran. Situasi kekeringan itu biasa terjadi jika Bumi telah kehilangan 90 persen kebutuhan air bersih untuk manusia.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Environmental Research Letters. Dalam merancang penelitian ini, ilmuwan menyarankan penggunaan model dari Stratospheric Aerosol Geoengineering Large Ensemble Project dalam meredupkan Matahari.

Meski teknik itu dinilai menjanjikan, namun peneliti mengakui jika teknik itu juga dapat menimbulkan masalah baru. Pasalnya, meredupkan Matahari hanya menyelesaikan salah satu poin penyebab pemanasan global tetapi tidak menyelesaikan akar persoalan.

Tak sampai disitu, meredupkan Matahari juga dinilai tidak memberi kontribusi apapun untuk membalikkan kondisi pemanasan global. Cara itu dinilai justru seolah hanya memberi topeng untuk menutupi kerusakan yang terjadi di Bumi.

Rencana untuk meredupkan Matahari juga cukup sulit karena harus mendapat persetujuan banyak negara. Sebab, tak bisa satu negara saja yang memutuskan untuk meredupkan Matahari jika hal itu ternyata mempengaruhi negara tetangga.

Situasi itu bahkan dapat menimbulkan persoalan baru hingga krisis antar negara. Bagaimana tidak, kemungkinan penolakan akan ide meredupkan Matahari dapat berpotensi memicu konflik militer.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts