Fokus ke Ibu Hamil, Ciamis Gelar Tes HIV Gratis di Hari AIDS Sedunia
Rawpixel/roungroat
Nasional

Jika memang ditemukan ada orang yang terindikasi maka pihak Puskesmas akan segera melakukan tindakan lanjut. Puskesmas juga akan melakukan pendampingan untuk pengobatan ARV

WowKeren - Dinas Kesehatan Ciamis menggelar tes HIV gratis untuk masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya.

Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan ini bisa datang ke 37 Puskesmas yang sudah ditentukan. Dilansir Detik, Selasa (1/12), belasan ibu hamil dan masyarakat berisiko mengikuti tes HIV di Puskesmas Ciamis.

Bidan sekaligus Pengelola Program HIV/AIDS Puskesmas Ciamis Dewi Endah Purnamawati mengatakan jika tes ini diprioritaskan untuk para ibu hamil. Namun pihaknya juga memberikan layanan jika ada masyarakat lain yang memang rentan berisiko tertular virus ini. Adapun langkah pemberian tes gratis ini dalam rangka untuk menekan penularan HIV.

"Jadi utamanya kita fokus ke ibu hamil," kata Dewi. "Tapi juga untuk kalangan komunitas dan masyarakat yang memang rentan terhadap penyebaran virus HIV/AIDS. Tes kali ini gratis."

Jika memang ditemukan ada orang yang terindikasi maka pihak Puskesmas akan segera melakukan tindakan lanjut. Pihaknya juga akan melakukan pendampingan untuk pengobatan ARV.


Pengobatan ARV perlu dilakukan secara disiplin terutama pada ibu hamil. Hal ini penting untuk menekan semaksimal mungkin risiko menularkan virus pada bayi.

"Terutama untuk ibu hamil yang terindikasi positif," lanjut Dewi. "Ketika melakukan pengobatan ARV secara disiplin dan mengikuti anjuran maka kemungkinan besar tidak akan menularkan kepada bayinya."

Hal senada juga disampaikan oleh, Kabid P2P Dinkes Ciamis didampingi Pengelola Program HIV/AIDS Dinkes Ciamis Nova Dahliana. Nova mengatakan jika sebagai populasi khusus, ibu hamil belum mendapat haknya untuk dites HIV.

"Agar semua ibu hamil di Ciamis bisa mengetahui status HIV-nya," ujarnya. "Misalkan positif maka bisa menekan penularan kepada Bayu sejak dini dengan pengobatan ARV selama 6 bulan."

Ia menyebut jika agenda tes HIV dilakukan di puluhan Puskesmas "Dan 1 rumah sakit karena memang di Ciamis seluruhnya sudah memiliki layanan untuk tes HIV," jelasnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru