Wah Parah! ICW Temukan Praktik Pungli dalam Distribusi Bansos, Terbanyak di Jakarta
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh ICW, distribusi bantuan sosial ke 13 daerah Indonesia menunjukkan dugaan masalah dan penyimpangan yang mana paling banyak terjadi ibu kota negara

WowKeren - Dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat terdampak COVID-19, pemerintah menyalurkan yang namanya bantuan sosial.

Namun tentu saja, penyaluran bansos ini bukan tanpa masalah. Survei Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan maraknya penyimpangan dari distribusi bansos terutama di wilayah ibu kota negara.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh ICW, distribusi bantuan sosial di 13 daerah menunjukkan dugaan masalah dan penyimpangan paling banyak terjadi ibu kota negara. masalah yang dimaksud adalah adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Peneliti ICW Dewi Anggraeni mengatakan jika pungli bukan satu-satunya permasalahan terkait bantuan sosial. Selain adanya pemotongan jatah bansos dari yang seharusnya, pihaknya juga menemukan jika pembagian bansos ini kurang tepat sasaran.


"Banyak masalah terkait pendataan dan distribusi bansos yang mengemuka," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (1/12). "Mulai dari bansos yang tidak tepat sasaran, adanya pemotongan, tidak sesuai kebutuhan, dan kami menemukan adanya pungli."

Agar program bansos pemerintah bisa tepat sasaran, Dewi meminta agar Kementerian Sosial melakukan evaluasi program. "ICW dan organisasi penyandang disabilitas di DKI Jakarta menilai perlu untuk dilakukan evaluasi terhadap penyaluran dan kualitas bantuan sosial yang diberikan dalam masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Disampaikan oleh Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat, pungli berpeluang dilakukan di level RT/RW, khususnya jika bantuan sosial berupa sembako atau bahan pangan. Kemensos pun pada dasarnya sudah mendapat laporan mengenai hal ini.

"Bansos sembako dipastikan bisa sampai harusnya cuma kalau sudah lewat RT/RW," ujar Harry dalam kesempatan yang sama. "Nah, ini kemungkinan ada oknum RT/RW yang membagikan tidak sama rata atau mendistribusikan tidak amanah."

Bansos yang diberikan pemerintah selain berupa bahan pangan pokok juga berupa uang tunai. Menurut Harry untuk untuk program bantuan tunai, ia memastikan tidak terjadi penyimpangan. Sebab, bantuan dikirim langsung ke penerima.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts