Tiga Eks Presiden AS Termasuk Obama Bakal Jadi Sukarelawan Vaksin COVID-19
Getty Images
Dunia

Langkah itu dilakukan demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan dan efektivitas vaksin, terutama setelah BPOM AS menyetujui anti-virus tersebut.

WowKeren - Tiga mantan presiden Amerika Serikat yakni George W Bush, Bill Clinton, dan Barack akanmenjadi sukarelawan percobaan vaksin virus corona (Covid-19). Langkah itu dilakukan ketiga mantan Presiden tersebut demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan dan efektivitas vaksin, terutama setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menyetujui anti-virus tersebut.

Kepala staf Bush, Freddy Ford, mengatakan presiden AS ke-43 itu telah menghubungi Direktur Institut Nasional Penyakit Menular dan Alergi, Anthony Fauci, dan koordinator Tanggap Corona Gedung Putih, dokter Deborah Birx, untuk melihat bagaimana Bush bisa membantu mempromosikan keamanan vaksin.

"Beberapa pekan lalu, Presiden Bush meminta saya untuk memberitahu dokter Birx bahwa ketika waktunya tepat, dia (Bush) ingin melakukan apa yang bisa untuk membantu mendorong warga AS mau divaksinasi," kata Frod, sebagaimana dilansir dari CNN.

"Pertama, vaksin perlu dianggap aman dan diberikan pada populasi prioritas. Kemudian, Presiden Bush akan mengantre untuk divaksinasi juga dan dengan senang hati akan melakukannya di depan kamera," paparnya menambahkan.


Sedangkan sekretaris pers Clinton, Angel Urena, mengatakan bahwa Presiden AS ke-42 itu bersedia divaksinasi di tempat umum untuk mempromosikannya. "Presiden Clinton pasti akan melakukan vaksinasi segera setelah tersedia untuknya, berdasarkan prioritas yang ditentukan oleh pejabat kesehatan. Dan dia akan melakukannya di tempat umum jika itu akan membantu mendorong semua warga Amerika untuk melakukan hal yang sama," kata Urena.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara publik, Obama mengatakan dia akan percaya keamanan vaksin jika Fauci sudah memverifikasinya. "Orang seperti Anthony Fauci, yang saya kenal dan pernah bekerja dengan saya, dan saya betul-betul percaya padanya. Jadi jika Anthony Fauci mengatakan vaksin ini aman, dan bisa vaksinasi, tentunya (saya akan vaksinasi," kata Obama.

"Saya berjanji, jika vaksin itu sudah tersedia untuk orang-orang dalam kategori berisiko rendah, saya akan melakukan vaksinasi. Saya mungkin akan melakukannya di televisi atau merekamnya sendiri jadi warga tahu bahwa saya percaya ilmunya dan yang saya tidak percaya adalah terkena corona," paparnya menambahkan.

Keluarga Bush dikenal kompak dengan presiden-presiden AS lainnya untuk mempromosikan kepentingan publik. Bush dan Clinton juga pernah bekerja sama menggalang dana untuk wilayah terdampak Badai Katrina pada 2005 silam dan kegiatan amal lainnya. Sementara itu, Obama juga kerap menggunakan pengaruhnya untuk kampanye kesadaran publik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait