7 Rekomendasi Aplikasi Untuk Mendengarkan Atau Membuat Podcast, Cocok Buat Isi Waktu Luang!
Unsplash/Siddharth Bhogra
Tekno

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Platform untuk membuat atau mendengarkan podcast sendiri saat ini sudah sangat banyak.

WowKeren - Di masa pandemi COVID-19 ini, banyak orang yang berbondong-bondong mencari hobi baru. Salah satu hobi yang mulai berkembang adalah membuat atau mendengarkan podcast. Apa itu podcast? Podcast adalah berkas digital berupa audio yang mirip radio, namun pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut.

Podcast bisa dibilang adalah audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio. Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio.

Platform untuk membuat atau mendengarkan podcast sendiri saat ini sudah sangat banyak. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 aplikasi yang cocok kalian coba untuk mendengarkan atau bahkan membuat podcast kalian sendiri. Tertarik? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Spotify


Spotify

Banyak orang yang tak mengira bahwa aplikasi ini bisa untuk mendengar dan membuat podcast. Pasalnya Spotify banyak dikenal sebagai aplikasi streaming musik. Namun ternyata, Spotify menjadi aplikasi untuk mendengarkan podcast paling populer saat ini loh. Melalui platform ini, pengguna bisa lebih mudah memilih podcast yang disukai.

Pasalnya, Spotify sudah mengelompokkan podcast berdasarkan genre, mulai dari komedi hingga olahraga. Spotify tidak hanya digunakan untuk mendengarkan tetapi juga bisa membuat serta menyiarkan podcastnya.

2. Google Podcast


Google Podcast

Google Podcast merupakan aplikasi podcast dari Google dengan user interface yang sederhana, sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut. Meskipun memiliki user interface yang sederhana, Google podcast dibekali dengan library podcast yang lengkap.

Selain itu, Google Podcast juga terintegrasi dengan Google Search App dan Google Assistant sehingga dapat mempermudah pengguna dalam mencari podcast yang ingin didengar. Aplikasi ini juga dapat kalian download secara gratis pada platform Android maupun iOS.

3. SoundCloud


SoundCloud

Buat kalian yang mau mendengarkan podcast di mana saja dan kapan saja, ada juga SoundCloud yang bisa dibilang platform berbagi audio yang sudah cukup lama dan masih populer hingga sekarang. Kalian pasti kenal banget sama SoundCloud, apalagi aplikasi ini dikenal sebagai tempat sharing rekaman cover lagu.

Untuk menggunakan SoundCloud untuk podcast, bahkan kalian nggak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk mendengarkannya. User interface yang ditawarkan cukup nyaman digunakan, bahkan memungkinkan kamu mendengarkan secara offline dengan mengunduh file SoundCloud.

4. Anchor


Anchor

Rekomendasi aplikasi podcast yang selanjutnya adalah Anchor. Aplikasi ini cocok buat kalian yang ingin memulai podcast sendiri. Pasalnya aplikasi ini punya banyak fitur yang membantu kalian, terutama masalah editing podcast. Aplikasi bikin podcast ini sangat membantu dalam proses perekaman suara, editing, memasukkan bumper audio, dan berbagai hal lainnya.

Jika kalian mau mempublikasikan podcast, Anchor juga secara otomatis membuat RSS Feed yang langsung menyebarkannya ke berbagai platform lain, seperti Spotify, Google Podcast, dan lainnya. Selain itu, banyak orang juga mengatakan kalau Anchor bisa diandalkan jadi aplikasi podcast yang menghasilkan uang. Hal ini karena adanya fitur monetisasi dan analisis data di dalamnya loh.

5. Podbean


Podbean

Podbean mungkin tidak sepopuler aplikasi podcast lain, namun ini bekerja dengan sangat baik. Podbean menawarkan banyak koleksi podcast yang diorganisasikan ke dalam berbagai kategori. Pengguna bisa berlangganan podcast yang mereka suka, mendengarkannya secara langsung atau mengunduhnya untuk didengarkan nanti.

Selain itu, terdapat pula fitur untuk mendengarkannya dengan beragam efek audio, dukungan untuk Chromecast dan integrasi dengan Amazon Alexa. Secara garis besar, ini adalah aplikasi yang hebat dan tidak kalah baik dari aplikasi podcast luar biasa lain di daftar ini.

6. Podcast Go


Podcast Go

Podcast Go merupakan salah satu aplikasi podcast terbaru yang terlihat cukup menarik. Aplikasi ini dibekali dengan sejumlah fitur dasar seperti mengunduh podcast, mempercepat pemutaran podcast, timer untuk waktu tidur dan lain-lain.

Podcast Go juga tampil dengan desain UI yang ciamik berkat Material Design yang diusungnya. Terdapat lebih dari 300 ribu podcast yang tersedia di aplikasi ini dan itu bisa di-subscribe dengan mudah. Secara mendasar, Podcast Go menawarkan pengalaman podcast yang standar namun dengan eksekusi fitur dan UI yang baik.

7. Apple Podcast


Apple Podcast

Aplikasi satu ini khusus untuk pengguna perangkat berbasis iOS, seperi iPhone, iPad, hingga iPod. Kalian bisa menggunakan aplikasi untuk podcast bernama Apple Podcasts. Tentu, Apple Podcasts hanya tersedia ekslusif pada sistem operasi mobile ini yang bisa kalian dengarkan di kala kerja maupun santai.

Apple Podcasts juga menyediakan berbagai kategori dengan ratusan ribu podcast yang bisa kamu dengarkan secara gratis. Jumlah variasi dan jenis podcast yang tersedia di sini juga tak kalah banyak denga yang disediakan oleh aplikasi podcast lain. Tertarik mencoba?

Untuk yang hobi menulis, kalian bisa intip artikel ini untuk mengetahui beberapa aplikasi yang bisa tingkatkan kemampuan kalian. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar alat musik.

You can share this post!

Related Posts