Sudah Disuntik Vaksin Corona, Dubes RI di UEA: Tak Ada Efek Samping
Nasional

Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis mengatakan dirinya telah disuntikkan vaksin Covid-19 pada Oktober lalu, dan mengaku jika kondisinya baik-baik saja hingga saat ini.

WowKeren - Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis telah disuntik oleh vaksin corona (COVID-19) pada bulan Oktober lalu. Ia pun mengungkapkan apa yang dirasakannya setelah mendapat suntikan tersebut.

Husin mengaku hingga saat ini kondisinya sehat. Meski telah divaksinasi, Husin menuturkan dirinya dan staf Kedutaan Besar RI di sana tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

"Alhamdulillah kami dan staf sehat walafiat," ujar Hasin dilansir dari CNNIndonesia, Jumat (4/12). "Intinya meski sudah divaksin, seluruh staf KBRI tetap harus menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari."

Ketika disinggung mengenai efektivitas vaksin, Husin tidak berkomentar banyak mengingat hasil resmi dari uji coba klinis vaksin yang digunakan di UEA masih belum dirilis. "Terkait kemungkinan tertular, karena hasil resmi trial vaksin yang digunakan di UEA belum dirilis, kita masih belum tahu sejauh mana efisiensi atau efektivitas vaksin tersebut," tambahanya.


Sebelumnya diketahui, para diplomat asing termasuk yang berasal dari Indonesia yang bertugas di UEA telah divaksinasi virus corona. Hal ini dikonfirmasi oleh dikonfirmasi Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim.

Nur menjelaskan bahwa pemerintah UEA telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use authentication) untuk vaksinasi COVID-19 pada 15 September 2020. Nur menerangkan vaksinasi itu sendiri diberikan pemerintah UEA kepada pekerja di lini terdepan, kelompok rentan, dan kelompok lain sesuai peraturan setempat.

"Mengingat jenis pekerjaan KBRI banyak interaksi dengan publik, melalui kerja sama dengan pemerintah UEA, dan sesuai peraturan kesehatan setempat, pada tanggal 21 Oktober 2020 sebanyak 25 staf KBRI yang dinyatakan sehat telah mendapatkan vaksinasi secara sukarela usai menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan," demikian keterangan KBRI Abu Dhabi yang disampaikan Nur.

Vaksinasi dilakukan dokter dan tenaga medis dari Kementerian Kesehatan Uni Emirat Arab. "Alhamdulillah hingga kini (memasuki hari ketiga) saya belum mendapati efek samping sepertipusing, demam, atau gangguan kesehatan lainnya yang tidak wajar," tuturnya. "Hal serupa juga dialami teman-teman yang lain (belum ada laporan tentang efek samping)."

Adapun sejumlah pejabat tinggi di negara tersebut yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 adalah Perdana Menteri sekaligus Wakil Presiden UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid. "Sedang menerima vaksin COVID-19 hari ini. kami berharap semua orang dalam keadaan aman dan sehat, dan kami bangga dengan tim kami karena telah bekerja tanpa henti untuk membuat vaksin tersedia di UEA. Masa depan akan selalu lebih baik di UEA," cuit Sheikh Rashid di Twitter, Selasa (3/11).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru