Bukan COVID-19, India Kini Diserang Penyakit Misterius yang Bikin 140 Orang Dirawat di RS
Dunia

Dengan 9 juta lebih kasus positif COVID-19, India praktis berada di peringkat 2 dunia di belakang Amerika Serikat. Namun kini India juga dihantui sebuah penyakit misterius.

WowKeren - Wabah COVID-19 masih menghantui banyak daerah termasuk India. Bahkan India saat ini menjadi salah satu negara yang paling terdampak COVID-19, yang sayangnya kini ikut dibayang-bayangi krisis kesehatan lain yang tak wajib diwaspadai.

Dilansir dari BBC, sebuah penyakit tak dikenal menyebabkan lebih dari 140 orang dirawat di rumah sakit selama akhir pekan. Fasilitas kesehatan pun mulai mempersiapkan tempat tidur khusus untuk pasien-pasien dengan gangguan penyakit misterius ini.

Para pasien dari Eluru di Andhra Pradesh dilaporkan mengalami sejumlah gejala seperti mual, kejang-kejang, sampai jatuh pingsan. Namun ketika diperiksa dari segi COVID-19 hasilnya ternyata negatif.

"Orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak, tiba-tiba mulai muntah setelah mengeluhkan mata mereka terasa terbakar," ungkap seorang petugas medis di RS Pemerintah Eluru, dikutip dari The Indian Express, Senin (7/12). "Beberapa dari mereka pingsan atau menderita kejang."

Beruntungnya para pasien yang mengalami gejala klinis tersebut cenderung cepat pulih. Dilaporkan banyak dari mereka yang segera dibawa ke rumah sakit bisa segera dipulangkan.


Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Andhra Pradesh Alla Kali Krishna Srinivas segera memerintahkan jajarannya memeriksa sampel darah para pasien. Namun ternyata hasilnya tidak ada bukti infeksi virus pada pasien-pasien itu.

"Kami mengesampingkan pencemaran air atau polusi udara sebagai penyebab penyakit ini setelah petugas mendatangi daerah-daerah tempat orang jatuh sakit," terang Srinivas, secara tidak langsung menyatakan tidak ada masalah polusi dan sanitasi di wilayah asal para pasien. "Ini adalah penyakit misterius dan hanya analisis laboratorium yang akan mengungkapkan apa itu."

Namun pernyataan Srinivas ditanggapi negatif oleh oposisi pemerintah dari Partai Telugu Desam. Mereka meminta penyelidikan lebih jauh soal insiden tersebut dan bersikeras meyakini semua terjadi akibat kontaminasi.

Di sisi lain, India masih menjadi salah satu negara yang paling terdampak COVID-19. Dipantau dari situs worldometers.info, total kasus positif COVID-19 yang dilaporkan India mencapai 9.677.203 per Senin hari ini, menjadikannya urutan kedua dunia di belakang Amerika Serikat.

Total kematian akibat COVID-19 di India mencapai 140.590. Sementara yang berhasil sembuh adalah 9.139.901 orang, dengan 396.712 lainnya tercatat sebagai kasus aktif.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait