Sering Diabaikan, 7 Kesalahan dalam Penggunaan Maskara Ini Justru Bikin Bulu Mata Gagal Lentik
Unsplash/Luca Iaconelli
Lifestyle

Maskara jadi salah satu produk kosmetik yang dapat menunjang penampilan wanita. Sayangnya sebagian wanita tanpa sadar sering melakukan kesalahan saat mengaplikasikan maskara. Penasaran kesalahan apa saja itu? Simak artikelnya agar bisa kamu hindari.

WowKeren - Sebagian besar wanita selalu ingin tampil cantik di berbagai kesempatan. Untuk menunjang penampilan, mereka biasanya menggunakan riasan setiap akan beraktivitas di luar rumah. Bicara soal riasan, rasanya belum lengkap jika belum membahas tentang riasan mata seperti eyeshadow, eyeliner, eyebrow hingga maskara. Berbagai produk tersebut wajib dipakai jika kamu berniat untuk mendandani bagian mata.

Sayangnya, tidak semua wanita yang dapat merias bagian mata dengan baik. Tak Sedikit dari mereka yang gagal dan melakukan kesalahan, khususnya saat mengaplikasikan maskara. Jika sudah demikian, hasil riasan tidak akan terlihat sempurna, belepotan dan kamu berisiko kelilipan.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menunjukkan beberapa kesalahan dalam menggunakan maskara yang patut kamu ketahui dan hindari. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Tidak Menggunakan Penjepit Bulu Mata


Tidak Menggunakan Penjepit Bulu Mata
Getty Images/Whitemann/Corbis

Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para wanita. Padahal menjepit bulu sangat penting dilakukan untuk membuatnya menjadi lebih lentik. Caranya pun mudah, sebab kamu hanya perlu menjepit bulu mata sambil mengangkat jepitnya ke atas, yang dimulai dari akar hingga ujung. Biarkan selama beberapa saat sampai bulu mata terangkat dengan sempurna.

Ingat, pastikan untuk menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara. Karena jika kamu menjepit setelah mengaplikasikan maskara, bulu mata akan menempel dengan satu sama lain dan tidak dapat lentik dengan sempurna. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa membuat penjepit bulu mata milikmu lebih mudah kotor.

2. Mengaplikasikan Maskara ke Arah Atas


Mengaplikasikan Maskara ke Arah Atas
Unsplash/Ana Itonishvili

Sebagian besar wanita pasti terbiasa melakukan cara satu ini. Kebanyakan mereka beranggapan bahwa memulaskan tongkat maskara ke atas bisa membuat bulu mata lebih lentik. Namun anggapan tersebut ternyata salah, karena cara yang benar adalah dengan meletakkan stik maskara di bawah bulu mata lalu goyangkan dari sisi ke sisi. Bila sudah, aplikasikan ke seluruh sisi bulu mata untuk menghindari risiko penggumpalan maskara.

Selain itu jika kamu terbiasa menggunakan maskara hanya di ujung bulu mata, sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan ini. Sebab bulu mata akan mengalami kelebihan berat di bagian ujung, sehingga sulit untuk membuatnya menjadi lentik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya oleskan maskara secara merata ke seluruh bulu mata.

3. Hanya Menggunakan Maskara Secara Horizontal


Hanya Menggunakan Maskara Secara Horizontal
Unsplash/Sharon McCutcheon

Sebagian wanita terbiasa mengaplikasikan maskara secara horizontal karena dapat membuat bulu mata jadi lebih penuh dan tebal. Namun jika menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya pegang kuas maskara secara vertikal karena dapat menjangkau hingga bagian akar dari bulu mata atas.

Agar lebih mudah, aplikasikan maskara seperti wiper kaca mobil di sepanjang akar bulu mata. Jangan lupa untuk memposisikan tongkat ke atas dan bawah agar dapat melapisi bulu mata bagian bawah yang kecil.

4. Membiarkan Noda Maskara di Kelopak Mata


Membiarkan Noda Maskara di Kelopak Mata
Getty Images/Radius Images

Saat sedang buru-buru, kita biasanya akan membiarkan noda maskara tertinggal di kelopak mata. Jika kamu memiliki kebiasaan satu ini, sebaiknya tinggalkan mulai dari sekarang. Sebaiknya hilangkan noda maskara yang telah kering dengan bantuan cottonbuds dan micellar water atau baby oil.

Atau jika ingin mencegahnya, sebaiknya letakkan selembar tisu di kelopak mata sebelum mengaplikasikan maskara. Jika kamu memiliki bulu mata yang sangat panjang, sebaiknya pandang ke arah bawah selama beberapa detik agar hasilnya bisa maksimal.

5. Mengulas Maskara Secara Berulang


Mengulas Maskara Secara Berulang
Unsplash/Annie Spratt

Banyak wanita yang beranggapan jika mengulas maskara secara berulang dapat menimbulkan kesan lentik dan penuh pada bulu mata. Padahal, anggapan ini tidaklah benar karena dapat membuat bulu mata kamu semakin berat dan menggumpal.

Jangan berlebihan, cukup pulaskan maskara sebanyak dua sampai tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menerapkan cara ini, hasil riasanmu akan lebih rapi dan kamu bisa lebih percaya diri saat tampil di hadapan banyak orang.

6. Mengaplikasikan Ulang Maskara di Ujung Hari


Mengaplikasikan Ulang Maskara di Ujung Hari
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Berbeda dengan lipstik, bedak maupun blush on, maskara bukan produk makeup yang bisa kamu aplikasikan kembali kapanpun. Karena itulah jangan pernah mengaplikasikan ulang maskara di penghujung hari karena bisa membuat penampilanmu terlihat lebih buruk.

Jika nekat melakukan cara tersebut, bulu mata kamu akan menjadi lebih berat karena adanya maskara yang menggumpal. Sebagai alternatif, sebaiknya gunakan maskara waterproof yang tahan lama.

7. Terlalu Sering Memompa Maskara


Terlalu Sering Memompa Maskara
Unsplash/Walter Randlehoff

Apa kamu punya kebiasaan suka memompa stik maskara? Jika iya, kamu harus tahu bahwa kebiasaan ini bisa membuat maskara menjadi lebih cepat kering. Hal ini disebabkan karena udara dan bakteri jadi lebih sering masuk ke dalam tabung maskara. Alih-alih memompa, sebaiknya lakukan gerakan memutar untuk mengeluarkan stik maskara dari dasar tabung.

Demikian tujuh kesalaan dalam penggunaan maskara yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui kesalahan dalam penggunaan masker wajah yang bisa merusak kulit dan gagal bikin cantik. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa diterapkan untuk mencerahkan kulit wajah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru