Birthday Spotlight: Happy Yuna Day
Selebriti

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member ITZY, Yuna yang berulang tahun pada 9 Desember lalu. Member termuda grup itu berusia 17 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari ITZY, Shin Yuna atau yang kerap dipanggi Yuna yang berulang tahun pada 9 Desember lalu. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik ini.

Shin Yuna atau yang kini berkarir dengan nama panggung Yuna adalah penyanyi sekaligus member termuda dari girl grup ITZY. Yuna diketahui bersekolah di Hanlim Multi Art School (Departemen Tari Praktis). Dia dikenal karena muncul di BTS "Highlight Reel" sebagai pasangan Jungkook pada tahun 2017.

Bersama ITZY, Yuna kini menjadi salah satu girl grup yang sukses di industri musik Korea. Bukan tanpa alasan, cewek kelahiran tahun 2003 ini bersama grupnya sudah mendapatkan banyak penghargaan sejak debut. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Yuna diketahui mendapatkan tawaran audisi dari JYP Entertainment melalui tim casting dalam KBS Song Festival 2015. Yuna diketahui hadir dalam acara itu bersama saudaranya karena saudara perempuannya itu merupakan penggemar BTOB. Yuna kemudian mendapat tawaran casting dan menyanyikan lagu milik Ailee "Evening Sky" dan lagu kebangsaan Korea Selatan selama audisinya.

Yuna kemudian lolos audisi dan resmi menjadi trainee dalam agensi tersebut. Ia kemudian menjadi trainee JYP selama tiga tahun lalu dan akhirnya debut bersama ITZY tahun 2019. Yuna juga mendapat banyak perhatian sebelum debut karena muncul di BTS (Bangtan Boys) "Highlight Reel" sebagai pasangan Jungkook pada tahun 2017.

2. Debut


Debut

Pada 21 Januari 2019, JYP Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan girl grup baru, yang pertama sejak debut Twice pada tahun 2015. Channel resmi label mengupload cuplikan video yang mengungkapkan kelima anggota tersebut termasuk Yuna.

Pada 12 Februari 2019, Yuna resmi debut bersama ITZY dengan merilis album single debut bertajuk "It'z Different". dengan single utamanya "Dalla Dalla". Lagu tersebut menggabungkan elemen dari subgenre EDM, seperti future house and bass house. Debut ITZY sukses besar, Billboard mengonfirmasi bahwa video musik "Dalla Dalla" telah melampaui 17,1 juta penayangan dalam waktu 24 jam setelah dirilis dan memecahkan rekor untuk video musik debut K-pop yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam kala itu.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Kesuksesan ITZY sudah terlihat ketika baru saja debut. Terhitung sejak debut, ITZY telah mendapatkan banyak penghargaan. ITZY berhasil membawa pulang piala "Rookie of the Year" di Asia Artist Awards 2019, "Next Leader" di The Fact Music Awards 2020, dan "New Artist of the Year – Digital" di Gaon Chart Music Awards 2019.

ITZY juga mendapatkan piala "Best New Artist - Female" di Melon Music Awards 2019, "Best New Female Artist" dalam Mnet Asian Music Awards 2019 serta "New Artist Award" dalam Seoul Music Awards 2020. Selain itu, pada November 2019, "Dalla Dalla" melampaui 100 juta streaming di Gaon Music Chart, menjadi sertifikasi platinum pertama grup. Ini juga merupakan lagu debut pertama oleh grup K-pop yang mendapatkan sertifikasi platinum dari Asosiasi Konten Musik Korea sejak pengenalan sertifikasi pada April 2018.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Mengingat ITZY masih tergolong sebagai grup rookie, Yuna belum memiliki aktivitas solo di luar kegiatan grup karena para personel ITZY masih fokus dengan tim. Namun dengan visual, suara merdu serta kemampuannya berbahasa Inggris, Lia diyakini akan menjadi idol yang sibuk di masa mendatang.

5. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Saat ini Yuna tengah disibukkan dengan kegiatan grup bersama ITZY. Masih belum ada keterangan lebih lanjut apakah Yuna akan memiliki kegiatan solo di masa depan.

Sementara itu ITZY sendiri baru saja comeback dengan album bertajuk "Not Shy" dengan lagu utama yang juga bertajuk "Not Shy". Sama seperti comeback sebelumnya, ITZY mengusung konsep girl crush yang keren namun lebih kuat dan karismatik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru