Zona Oranye, Tangerang Tetap Buka Bioskop Dengan Kapasitas 30 Persen
Nasional

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memutuskan untuk kembali membuka bioskop dan arena bermain outdoor usai daerahnya berstatus zona oranye penularan COVID-19.

WowKeren - Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan kelonggaran sejumlah tempat hiburan dan wisata untuk kembali beroperasi setelah beberapa bulan tutup karena penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan tempat hiburan dan wisata yang diijinkan untuk beroperasi saat ini adalah bioskop dan arena bermain outdoor saja.

"Tetapi dengan kapasitas maksimal 30 persen jumlah pengunjung," ujar Ahmed Zaki, Selasa (15/12). Zaki menekankan agar para pelaku usaha menerapkan protokol kesehatannya secara benar dan ketat.

Pasalnya, Kabupaten Tangerang saat ini masih berstatus zona oranye penyebaran COVID-19. Tak hanya itu, jumlah pasien corona juga tergolong masih tinggi karena rumah singgah dan seluruh rumah sakit di Kabupaten Tangerang dalam kondisi yang hampir penuh.

"Pemkab Tangerang terus menekan bagaimana kasus positif ini bisa terus menurun," katanya. Menurutnya, Pemkab Tangerang mempertimbangkan permohonan para pelaku usaha hiburan dan pariwisata di Kabupaten Tangerang dengan melihat kondisi dan lokasi tempat keberadaan usaha atau wisata tersebut.


"Jadi mohon maaf apabila yang ada di kawasan Kecamatan yang masih rawan dan sangat tinggi penyebarannya mungkin belum kita perbolehkan untuk beroperasi," ungkapnya. Apabila Kabupaten Tangerang kembali menjadi zona merah lagi, ia menegaskan akan menutup kembali operasional tempat hiburan tersebut.

"Jadi ini perlu menjadi catatan kita semua, tapi sewaktu-waktu kasus penurunan dan kita kembali masuk ke zona kuning atau zona penyebaran yang rendah kami akan pertimbangkan kembali untuk membuka tempat hiburan yang lainnya," tuturnya. Ia pun mengingatkan agar semua tetap memprioritaskan kesehatan masyarakat dan jangan sampai tempat usaha hiburan atau wisata menjadi klaster penyebaran terbaru COVID-19.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 baru-baru ini tengah menyoroti peningkatan positvity rate dan jumlah zona merah yang ada di Tanah Air. Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap positvity rate di Indonesia mencapai 18,1 persen.

Selain itu, zona merah di Indonesia telah meningkat dari 47 menjadi 64 kabupaten/kota pada pekan ini. "Ini tentunya harus disikapi secara serius," tegas Wiku. "Ingat, zona risiko sedang (oranye) bukan zona aman, sedikit lengah maka kabupaten/kota dapat berpindah ke zona yang lebih tinggi dan lebih berbahaya."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru