FIFA Resmi Batalkan Piala Dunia U-20 2021, Ini Nasib Indonesia Sebagai Tuan Rumah
kemlu.go.id
Dunia

FIFA resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2021 mendatang. Lantas, bagaimana nasib Indonesia yang seharusnya menjadi tuan rumah ajang sepak bola ini?

WowKeren - FIFA resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2021. Padahal, ajang pertandingan sepak bola itu rencananya akan digelar di Indonesia yang menjadi tuan rumah.

Kendati demikian, FIFA tidak mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebagai gantinya, Indonesia tetap akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya akan digelar pada tahun 2023 mendatang.

Selain U-20, Piala Dunia U-17 yang rencananya digulir di Peru juga akan diundur. Keputusan ini diambil setelah mengamati kondisi global yang masih genting dan berjuang melawan pandemi virus corona.

”Akibat pandemi COVID-19, Dewan FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 putra dan Piala Dunia U-17 putra pada edisi 2021,” demikian pernyataan FIFA. “Masing-masing dari Indonesia dan Peru yang akan jadi tuan rumah pada 2021 tetap jadi tuan rumah pada edisi 2023.”

Sebagai informasi, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 biasanya digelar setiap dua tahun sekali sejak dimulai pada 2007 lalu. Adapun Piala Dunia U-20 rencananya digulirkan di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021 mendatang.


Lebih lanjut FIFA mengaku pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara olahraga internasional. Selain itu, pandemi juga memiliki efek pembatasan perjalanan sehingga akan menyulitkan ajang ini tetap digelar di tengah penyebaran virus corona.

”Karena itu FIFA secara teratur berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait,” jelas FIFA. “Termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen, yang semula dijadwalkan berlangsung pada 2021.”

Dalam pernyataannya, badan sepak bola dunia ini turut memberikan apresiasinya kepada Indonesia dan Peru yang tetap berkomitmen dalam persiapan dua ajang itu. “FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses,” puji FIFA.

Dampak keputusan itu, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) ikut menunda Kualifikasi Piala Dunia U-17 dan U-20. Kualifikasi Piala Dunia U-17 rencananya akan digelar di Ekuador pada Maret hingga April 2021, sedangkan Kualifikasi Piala Dunia U-20 zona Amerika Selatan digelar Februari di Kolombia.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Kolombia (FCF) berharap penundaan Kualifikasi Piala Dunia dua kelompok umur ini bisa dijadwal ulang secepatnya. “Tetapi, saat ini kesehatan dan kesejahteraan harus dikedepankan. FCF menunggu informasi lebih lanjut dari FIFA dan CONMEBOL tentang penyelenggaraan Piala Dunia dan Copa America,” kata FCF dikutip dari RPP.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait