UEA Kirim Alat Medis COVID-19 Kedaluwarsa ke Jalur Gaza
Dunia

Pejabat Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan paket yang dikirim UEA berisi peralatan kedaluwarsa yang tidak sesuai untuk digunakan dalam pengujian Covid-19.

WowKeren - Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini mengirimkan paket peralatan medis yang sudah kedaluwarsa dan tidak layak pakai ke Jalur Gaza. Paket itu dikirim dengan maksud untuk membantu memerangi pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut laporan Middle East Eye sebagaimana dilansir dari CNN, Pejabat Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan paket yang dikirim UEA berisi peralatan kedaluwarsa yang tidak sesuai untuk digunakan dalam pengujian Covid-19.

Selain itu, ada juga perangkat lain yang tidak bisa digunakan untuk membantu pasien covid-19. Disebutkan bahwa paket bantuan tersebut tidak berisi ventilator seperti yang diklaim oleh media UEA. Bantuan hanya berupa tabung yang digunakan untuk mesin pernapasan dan tidak akan menguntungkan rumah sakit Gaza.


Sebagai imbas dari hal ini, aktivis Palestina Yassin Ezz El-Din akun Twitter miliknya mengatakan bahwa UEA telah berbohong ketika mereka mengatakan telah mengirim bantuan ke Gaza. "Setelah menerima publisitas luas, ternyata pengiriman sumbangan medis dari UEA ke Jalur Gaza adalah kebohongan besar," cuitnya.

"Apa yang disebut sebagai 100 respirator ternyata adalah alat pernapasan sederhana, tersedia di apotek di Jalur Gaza, dan tentu saja tidak cocok untuk mengobati corona," tambahnya.

Kemenkes Palestina sendiri telah menyatakan kemarahannya. Mereka juga telah mengirim surat ke UEA yang berisi tuntutan untuk memperbaiki situasi. Pasalnya, Kemenkes Palestina harus menanggung biaya tinggi untuk menghancurkan barang kiriman kedaluwarsa tersebut.

Sebelumnya, situs web Al-Ain melaporkan UEA mengirimkan paket bantuan berisi 100 ventilator dan 200 ribu alat tes covid-19 untuk Gaza. Al-Ain juga memperkirkan paket itu berisi lebih dari 14 ton pasokan medis untuk mendukung pelayanan petugas kesehatan di Jalur Gaza.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru