Ganjar Sambut Baik Usulan Agar Kiai Masuk Daftar Prioritas Vaksin COVID-19
Nasional

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Paranowo menyambut baik usulan Ketua MUI Jateng Ahmad Daroji agar para kiai masuk dalam urutan pertama atau sebagai sampling penerima vaksin corona.

WowKeren - Ketua MUI Jateng Ahmad Daroji mengusulkan agar para kiai masuk dalam urutan pertama atau sebagai sampling penerima vaksin COVID-19. Usulan tersebut kemudian mendapatkan sambutan baik dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Paranowo.

Selain kiai, Ganjar juga sedang mengumpulkan nama-nama tokoh masyarakat di Jawa Tengah untuk nanti disertakan dalam vaksin serentak tahap pertama. Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Kiai Daroji merupakan sesuatu yang bagus dan menyenangkan.

Kesediaan atau kemauan dari tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kiai bisa menjadi contoh yang bagus terkait vaksinasi COVID-19. Mengingat para tokoh tersebut merupakan teladan bagi banyak orang sehingga terkait vaksin bisa lebih banyak diterima oleh masyarakat.

"Saya senang mendengar Kiai Daroji tadi bahwa kiai harus nomor satu. Wah ini harapan bagus," kata Ganjar menjadi narasumber Forum Group Discussion (FGD) Fraksi-PKB DPRD Jateng di Hall Ruang Paripurna DPRD Jateng, Senin (4/1). "Kalau itu terjadi dari Jawa Tengah keren. Tapi memang ada syarat seperti syarat kesehatan, syarat umur, dan sebagainya itu yang perlu kita siapkan."


"Tapi menurut saya, apa yang disampaikan Kiai Daroji itu melegakan saya," sambungnya. "Itu yang saya tunggu. Sebenarnya kalau itu mau, itu akan mendorong lebih cepat lagi."

Hal ini juga sesuai dengan harapan dari pemerintah pusat dan Kementerian Kesehatan. Beberapa waktu lalu, kata Ganjar, sudah ada komunikasi antara Menteri Kesehatan dengan para Gubernur. Salah satunya adalah terkait kesediaan tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kiai untuk bersedia menjadi penerima vaksin tahap pertama bersama Presiden Joko Widodo.

"Sebenarnya saya dititipi juga," ungkapnya. "Jadi umpama nanti kesempatan pertama bisa serentak se-Indonesia dan dari Jawa Tengah mungkin perwakilan para kiai lebih banyak begitu, saya bayangkan sepuluh kiai mau dan memenuhi syarat untuk divaksin menurut saya sudah hebat banget. Bisa jadi contoh."

Saat ini, kata Ganjar, sudah tiba sekitar 62 ribu vaksin Sinovac di Jawa Tengah. Vaksin tersebut tiba pada Senin (4/1), sekitar pukul 03.00, dengan pengawalan ketat dari kepolisian. Puluhan ribu vaksin tersebut sekarang disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang.

"Prioritas utama memang nakes (tenaga kesehatan) dulu, tetapi untuk kesempatan pertama kami ingin ambil sampling. Mereka ada tokoh-tokoh dulu," paparnya. "Maka yang kita minta sudah sejak pekan lalu itu adalah para Romo dan Kiai. Kalau para Romo, Kiai, dan Bu Nyai mau, itu contoh bagus. Itu kita prioritaskan untuk tahap pertama."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait