Targetkan Investigasi Bentrok Polisi-FPI Selesai Dalam 2 Pekan, Komnas HAM Amati 8.000 Video
https://www.komnasham.go.id/
Nasional

Bukti-bukti tersebut menjadi bagian dari tahap finalisasi laporan akhir Tim Penyelidik Komnas HAM. Setelah itu, baru mereka akan membuat hasil rekomendasi akhir yang akan diumumkan ke publik.

WowKeren - Insiden bentrok di Tol Jakarta-Cikampek yang berujung pada penembakan enam anggota laskar FPI beberapa waktu lalu masih didalami oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Menurut Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, pihaknya kini tengah mendalami ribuan foto dan video terkait bentrok tersebut.

"Dari 8.000 lebih video dan ribuan screen capture mewakili beberapa titik, seluruhnya sedang diamati kembali dan pendalaman oleh para Penyelidik Komnas HAM RI," ungkap Anam dalam keterangannya, Rabu (6/1). Ia mengungkapkan bahwa ribuan potongan video dan foto didapat Komnas HAM dari sejumlah pihak yang telah dipanggil sebagai saksi beberapa waktu lalu.

Menurut Anam, bukti-bukti tersebut menjadi bagian dari tahap finalisasi laporan akhir Tim Penyelidik Komnas HAM. Setelah itu, baru mereka akan membuat hasil rekomendasi akhir yang akan diumumkan ke publik.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan data itu," jelas Anam. "Tim Penyelidikan Komnas HAM RI berharap tahapan ini lancar dan peristiwa tersebut segera dapat terlihat secara terang benderang."


Sebelumnya, Komnas HAM telah melakukan rekonstruksi insiden penembakan enam laskar FPI di Kantor Komnas HAM di Jakarta pada Senin (4/1) lalu. Rekonstruksi tersebut dihadiri pula oleh pihak kepolisian dan tertutup dari awak media.

Komnas HAM juga telah memanggil berbagai pihak seperti dari kepolisian maupun FPI untuk mengimbangi hasil investigas mereka. Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menargetkan laporan akhir investigasi bentrokan polisi-FPI ini akan selesai dalam waktu dua pekan ke depan.

"Kami harap ini adalah permintaan keterangan terakhir dari kepolisian," ujar Beka pada Senin. "Karena sesuai dengan yang sudah kami sampaikan, paling lambat dua minggu ini kami akan menyelesaikan laporan."

Beka menyebut bahwa hasil rekomendasi akhir Komnas HAM tersebut nantinya akan disampaikan kepada Presiden, kepolisian, dan pihak yang berkaitan dalam insiden tersebut. "Paling tidak kesimpulan dari Komnas HAM, rekomendasi Komnas HAM bisa dipatuhi, dijalankan oleh para pihak. Saya kira itu," pungkas Beka.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait