Incar Puluhan Juta Dosis, Ridwan Kamil Targetkan Vaksinasi Jabar Rampung dalam 6 Bulan
Nasional

Ridwan Kamil menyatakan bahwa warga Jabar membutuhkan 67 juta dosis vaksin Corona. Ia juga menarget vaksinasi di wilayahnya bisa selesai hanya dalam waktu enam bulan.

WowKeren - Rencana vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat Indonesia akan segera direalisasikan. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang akan divaksin dan prosesnya akan disiarkan secara langsung pada 13 Januari 2021 mendatang.

Sehubungan dengan vaksinasi ini, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat menyatakan bahwa warganya membutuhkan 67 juta dosis vaksin. Jumlah dosis sebesar itu ditujukan untuk membentuk herd immunity bagi 33,5 juta warga Jabar.

"Jumlah yang dibutuhkan untuk kekebalan kelompok (herd immunity) 33,5 juta penduduk. Kalau dua kali dosis berarti harus ada 67 juta yang dibutuhkan," ujar Ridwan Kamil dilansir dari CNNIndonesia pada Kamis (7/1).

Pria yang akrab disapa Emil ini juga menargetkan proses penyuntikan vaksin di Jabar rampung hanya dalam waktu enam bulan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Ini adalah perkiraan yang jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan target Kemenkes yang memprediksi proses vaksinasi akan selesai dalam 15 bulan.


Untuk mencapai target tersebut, Emil berharap bisa memiliki 20 ribu vaksinator yang terlatih. "Kami mencoba menargetkan bisa beres selama enam bulan, dengan syarat jumlah titik pemvaksinan bisa dua kali lipat dan vaksinator mendekati 20 ribu. Sekarang punya 11 ribuan vaksinator yang sudah dilatih," jelasnya.

Terakhir, Emil memaparkan bahwa Jabar telah mengantongi lebih dari 97 ribu dosis vaksin. Jumlah ini akan diprioritaskan untuk 45 ribu tenaga kesehatan (nakes) di tahap pertama.

"Jabar sudah menerima kurang lebih 97 ribuan, karena dibagi dua (tiap orang dua kali disuntik) hanya cukup untuk 45 ribu nakes di tahap satu. Padahal nakes kita ada 150 ribu. Di tahap dua kita akan berikan ke semua nakes," pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo telah menarget agar proses vaksinasi di Indonesia selesai dalam jangka waktu kurang dari setahun. Menanggapi tantangan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa pihaknya akan berusaha keras dalam melaksanakan program vaksinasi Corona di Tanah Air.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait