Tiongkok Buka-Bukaan Alasan Tim Investigasi COVID-19 WHO Dilarang Masuk
Dunia

WHO mengungkap kekecewaan lantaran tim investigasi asal-muasal COVID-19 yang dikirimkan pihaknya ditolak oleh Tiongkok. Kekinian Tiongkok pun membeberkan alasannya.

WowKeren - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat mengungkap kekecewaan lantaran tim investigasi COVID-19 tak boleh masuk Tiongkok. Diketahui tim tersebut diterjunkan untuk memeriksa awal mula virus SARS-CoV-2 yang kekinian sudah menginfeksi sampai jutaan nyawa di berbagai belahan dunia.

Tiongkok pun buka suara perihal situasi yang terjadi. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, menjelaskan ada kesalahpahaman antara pihaknya dan WHO terkait pelaksanaan investigasi.

"Ini bukan hanya perkara visa," tutur Hua kepada kantor berita lokal di Beijing, dilansir dari Reuters pada Kamis (7/1). Kesalahpahaman soal waktu dan berbagai elemen terkait pelaksanaan investigasi ini pun sedang didiskusikan.

"Kami terus intens berkomunikasi," tegas Hua. "Tidak perlu terlalu berlebihan menginterpretasikan masalah ini."

Apalagi, imbuh Hua, saat ini Tiongkok juga tengah berjuang untuk menanggulangi kembali tingginya penyebaran virus. Beberapa lokasi pun, disebutkan Hua, bahkan sedang "memasang kuda-kuda" alias bersiap untuk menghadapi risiko kembali meledaknya kasus COVID-19.


WHO pun telah menerima alasan penolakan tim investigasinya oleh Tiongkok. Ghebreyesus, dalam konferensi pers virtualnya di Jenewa, Swiss mengaku telah menegaskan ke Tiongkok perihal investigasi asal-muasal COVID-19 merupakan prioritas.

"Hari ini kami mendengar bahwa otoritas Tiongkok belum memfinalisasi perizinan kedatangan tim (investigasi COVID-19) ke Tiongkok," tutur Ghebreyesus. "(Tetapi) saya sudah menegaskan kepada pejabat senior di Tiongkok, sekali lagi menegaskan bahwa misi ini adalah prioritas utama WHO."

Kendati demikian, WHO meyakini Tiongkok bisa segera menyelesaikan polemik yang terjadi. "Kami yakin dan berharap ini hanya masalah logistik dan birokrasi yang bisa diselesaikan sesegera mungkin," ujar Kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Mike Ryan.

Diketahui wabah COVID-19 yang "menemani" muka Bumi sejak akhir Desember 2019 ini memang pertama kali terkonfirmasi di Kota Wuhan, Tiongkok. Namun baru-baru ini Tiongkok terus menyuarakan penolakan anggapan bahwa pandemi berasal dari negaranya.

Salah satu bukti keyakinan Tiongkok bahwa virus Corona bukan berasal dari negaranya adalah karena mereka menemukan virus bisa ditransmisikan lewat rantai dingin ekspor-impor barang. Seperti misalnya klaim Beijing menemukan virus Corona di produk makanan beku sampai suku cadang mobil.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait