Jangan Dikucek, Segera Lakukan 7 Langkah Ini Saat Mata Kelilipan
Health

Sepanik apapun kamu, sebaiknya tidak mengucek mata saat kemasukan debu atau sesuatu. Sebab kebiasaan yang satu ini bisa jadi membahayakan kornea matamu.

WowKeren - Salah satu keluhan umum yang dialami oleh orang pada mata mereka adalah kelilipan. Kondisi ini memang tidak bisa diprediksi karena memang datang secara tiba-tiba sehingga tak jarang akan membuat orang tersebut panik. Kelilipan terjadi ketika mata kemasukan partikel kecil seperti debu, rambut, pasir, maupun benda kecil lainnya.

Saat panik pada umumnya yang dilakukan adalah mengucek mata. Namun rupanya kebiasaan ini bukan cara yang efektif untuk mengatasi kelilipan pada mata. Karena mata adalah organ yang sangat penting maka untuk merawatnya juga harus ekstra hati-hati. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata yang kelilipan.

(wk/zodi)

1. Meski Panik, Jangan Buru-Buru Mengucek Mata


Meski Panik, Jangan Buru-Buru Mengucek Mata

Sepanik apapun kamu, sebaiknya tidak mengucek mata saat kemasukan debu atau sesuatu. Sebab langkah ini bisa jadi membahayakan matamu. Mengucek mata bisa membuat kornea matamu mengalami abrasi.

Kondisi ini terjadi ketika lapisan permukaan epitel kornea terkikis atau hilang akibat trauma pada permukaan mata. Trauma pada permukaan mata bisa terjadi akibat mengucek mata terlalu kencang.

2. Sederhana Tapi Ampuh, Coba Kedipkan Mata


Sederhana Tapi Ampuh, Coba Kedipkan Mata
pexels.com/Cleyder Duque

Alih-alih menguceknya dengan kencang, kamu bisa mengedipkan mata sebagai pertolongan pertama saat kelilipan. Mengedipkan mata berulang kali bisa mendorong posisi benda kecil yang masuk ke mata sehingga perlahan akan membuat benda tersebut keluar.

Saat kamu mengedipkan mata, mata akan terangsang untuk mengeluarkan air mata sehingga air mata inilah yang akan membantu menggerakkan partikel kecil tersebut untuk keluar dari bola matamu. Lakukan kedipan dengan cepat secara berulang untuk mengeluarkan partikel debu tersebut.

3. Segera Cari Obat Tetes Mata


Segera Cari Obat Tetes Mata
pixabay.com

Jika cara di atas masih belum bisa membantumu mengeluarkan partikel asing yang masuk ke mata, kamu bisa mencari obat tetes mata. Teteskan obat ini ke mata kamu dan tunggu sampai partikelnya keluar dengan sendirinya.

Ingat, untuk pemakaian obat tetes mata ini kamu harus memperhatikan dosis sesuai yang ditentukan, ya! Saat meneteskan obat ke mata, jangan sampai tutup botolnya menyentuh permukaan matamu karena bisa membuat bakteri masuk ke dalam botol obat.

4. Tarik Kelopak Mata


Tarik Kelopak Mata
pixabay.com

Selain itu, kamu juga bisa menarik kelopak matamu secara perlahan. Menarik kelopak mata juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tetapi ada triknya. Jika kamu merasa partikel debu yang masuk berada di kelopak mata bagian atas, maka kamu cukup menarik kelopak mata bagian atas secara perlahan.

Sebaliknya, jika partikel berada di kelopak mata bawah, tariklah bagian bawah. Sambil menarik kelopak secara perlahan, kedipkan mata atau memutar bola mata untuk menggerakkan partikel tersebut dan mendorongnya keluar.

5. Pakai Alat Bantu Bila Perlu


Pakai Alat Bantu Bila Perlu
pexels.com/Karolina Grabowska

Jika langkah-langkah tersebut masih belum membuahkan hasil, tidak ada salahnya kamu menggunakan alat bantu. Kamu bisa menggunakan lap basah atau cotton bud untuk mengambil partikel bandel yang ada di sudut mata.

Ingat, pastikan dulu kain yang kamu gunakan benar-benar bersih karena jika tidak dikhawatirkan justru akan membuat bakteri masuk ke dalam mata. Lakukan secara hati-hati jangan sampai permukaan lap atau cotton bud menyentuh permukaan kornea, ya.

6. Tenggelamkan Wajah dalam Air


Tenggelamkan Wajah dalam Air
pixabay.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan merendam wajah ke dalam air. Kemudian tenggelamkan wajah dan mata kamu ke dalamnya.

Karena tujuannya adalah untuk mengeluarkan partikel asing jadi kamu juga harus membuka matamu saat merendam wajah. Untuk cara yang satu ini, kamu harus siap dengan risiko basah kuyup. Perlu diperhatikan juga untuk memastikan air yang digunakan adalah air yang bersih.

7. Konsultasi ke Dokter


Konsultasi ke Dokter
pixabay.com

Jalan terakhir yang bisa kamu lakukan jika cara-cara di atas belum membuahkan hasil adalah pergi ke dokter. Sebab, ada kalanya dalam kasus tertentu kelilipan bisa membuat mata gatal dan menjadi merah bahkan perih.

Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya meminta bantuan dokter untuk mengatasi masalah. Dengan pergi ke dokter kamu bisa mendapatkan perawatan yang tepat dan aman.

Mata adalah salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Oleh sebab itu perlu menjaga kesehatan mata agar tetap dalam kondisi baik. Menjaga kesehatan mata bisa kamu lakukan dengan cara-cara alami seperti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

You can share this post!

Related Posts