Bikin Tak Nyaman Beraktivitas, 8 Cara Alami Ini Bantu Kamu Atasi Wasir Mengganggu
pixabay.com
Health

Salah satu penyebab wasir adalah kurangnya asupan serat dalam tubuh. Oleh sebab itu pastikan kebutuhan serat harian tercukupi dengan mengonsumsi sayur dan buah.

WowKeren - Penyakit wasir atau ambeien bisa menyerang siapa saja. Wasir terjadi ketika pembuluh darah vena yang ada di sekitar rektum atau anus mengalami pelebaran ataupun peradangan. Pada kasus yang lebih parah, kondisi ini akan menimbulkan benjolan dari lubang anus.

Jika sudah begini tentu akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Karena selain mengganggu benjolan tersebut juga terkadang menimbulkan rasa sakit terutama saat duduk. Untuk wasir luar gejalanya bervariasi. Tak hanya muncul benjolan di sekitar anus namun juga rasa nyeri dan gatal atau bisa juga terdapat darah pada tinja.

Meski demikian, bukan berarti wasir tidak dapat diatasi. Berikut beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala wasir.

(wk/zodi)

1. Perbanyak Asupan Serat dengan Sayur dan Buah


Perbanyak Asupan Serat dengan Sayur dan Buah
pixabay.com

Salah satu penyebab wasir adalah kurangnya asupan serat dalam tubuh. Memperbanyak asupan serat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi wasir. Dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah akan membuat tekstur tinja lebih lembut sehingga mampu mengurangi tekanan pada wasir.

Pastikan menu sehari-hari kamu memenuhi kebutuhan serat harian. Kebutuhan serat yang tercukupi dengan baik akan membuat kamu bisa buang air besar secara teratur dan mencegah pengerasan pada tinja.

2. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih
pixabay.com

Manfaat air putih untuk kebaikan tubuh memang sudah tak diragukan lagi. Hal ini mengingat komposisi tubuh kita juga sebagian besar terdiri dari air.

Oleh sebab itu ketika tubuh mulai dehidrasi akan ada banyak proses biologi dalam tubuh yang terganggu salah satunya sistem pencernaan. Memperbanyak minum air putih dapat membuat tubuh terus terhidrasi sehingga pada akhirnya hal ini juga akan membantu memperlancar proses pencernaan.

3. Pakai Bantalan Saat Duduk


Pakai Bantalan Saat Duduk
Pixabay.com

Bagi penderita wasir, duduk bisa menjadi aktivitas yang menakutkan. Pasalnya saat duduk, bagian anus akan tertekan dan jika memiliki wasir maka akan membuatnya semakin terasa nyeri. Terutama jika permukaan tempat dimana duduk cukup keras.

Oleh sebab itu agar tidak semakin menyakitkan sebaiknya gunakan bantalan empuk saat duduk. Duduk di permukaan yang keras selain membuatmu merasa kian tersiksa juga bisa membuat wasir semakin membengkak.

4. Hindari Duduk Terlalu Lama


Hindari Duduk Terlalu Lama
pixabay.com

Meskipun sudah menggunakan bantalan yang empuk, ada baiknya kamu juga menghindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama bisa menekan otot-otot di sekitar anus hingga meregang sehingga pembuluh darah akan semakin membengkak.

Jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk duduk dalam waktu yang lama maka sebaiknya kamu berjalan-jalan setiap satu jam sekali. Hal ini selain untuk merelaksasi otot tubuh juga bisa mengurangi tekanan rektal.

5. Pilih Pakaian Dalam Berbahan Nyaman


Pilih Pakaian Dalam Berbahan Nyaman
pixabay.com

Pemilihan celana dalam juga menjadi pertimbangan penting untuk mengatasi wasir. Celana dalam berbahan katun halus bisa membuatmu nyaman. Sebab bahan ini akan membuat daerah anus tetap kering dan bersih.

Penting juga untuk memperhatikan ukuran celana dalam. Hindari memakai celana dalam yang ketat karena akan memperparah wasir. Selain itu akan lebih baik jika kamu memakai celana dalam tanpa pelembut pakaian karena kandungan pengharum bisa menyebabkan iritasi.

6. Posisi Jongkok Lebih Baik Saat BAB


Posisi Jongkok Lebih Baik Saat BAB
pixabay.com

Posisi kamu saat buang air besar juga bisa mempengaruhi kondisi wasir. Posisi jongkok lebih baik karena akan memudahkanmu BAB. Bukan tanpa alasan, posisi ini akan memberikan dorongan yang lebih baik sehingga kamu tidak perlu memberikan tekanan yang terlalu besar.

Mengejan terlalu berlebihan akan menambah tekanan pada ambeien. Tidak menutup kemungkinan akan membuatnya mengalami pendarahan.

7. Tidak Menahan BAB


Tidak Menahan BAB
pexels.com/cottonbro

Menunda BAB juga bisa memperparah wasir. Ada kalanya sebagian orang rela menunda BAB karena ingin menunggu waktu dan tempat yang nyaman.

Menahan BAB akan membuat tinja berkumpul makin banyak, sehingga menambah tekanan dan tegangan pada wasir. Oleh sebab itu segera BAB jika memang terasa ingin melakukannya.

8. Olahraga Secara Teratur


Olahraga Secara Teratur
pexels.com/Ivan Samkov

Aktivitas yang satu ini memang banyak diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melakukan olahraga secara teratur bisa merangsang pergerakan usus sehingga akan membuat tinja lebih mudah keluar.

Tidak perlu lama-lama. Cukup 20 menit sehari. Untuk penderita wasir olahraga yang direkomendasikan adalah jalan cepat ataupun aerobik.

Penanganan wasir tergantung pada tingkat keparahan. Jika sudah terlalu parah tidak menutup kemungkinan diperlukan operasi untuk mengangkatnya. Oleh sebab itu sebelum melakukan penanganan ada baiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter, ya!

You can share this post!

Related Posts