Sudah Sembuh dari Covid-19, Irfan Hakim Sempat Takut Dikucilkan dan Jadi Bahan Gunjingan
Instagram/irfanhakim75
Selebriti

Irfan Hakim ternyata sempat ragu untuk mengabarkan bahwa dirinya terinfeksi virus Covid-19. Bukan tanpa alasan, ia mengaku takut dikucilkan dan dijauhi orang-orang.

WowKeren - Irfan Hakim patut bersyukur usai dirinya dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kabar baik ini dibagikan Irfan lewat Instagram Stories-nya, Jumat (8/1).

Rupanya, Irfan Hakim sempat merasa takut mengabarkan kalau positif terinfeksi virus Corona. Ayah lima anak ini mengaku takut dikucilkan dan menjadi bahan omongan orang-orang jika dirinya mengaku terinfeksi Covid-19.

"Dulu tahun 90-an di Bandung, gue pernah aktif di yayasan AIDS mendampingi teman-teman penderita HIV yang dijauhi lingkungannya. Saat itu sangat tabu sekali. Mereka sembunyi-sembunyi mengakui HIV," jelas Irfan Hakim mengawali curahan hatinya.

"Di 2020, gue sempat dekat dengan secara langsung dengan orang dengan gangguan jiwa, ODGJ. Mereka juga termasuk orang yang diterlantarkan dan dijauhi orang-orang," sambungnya lagi.

Kini, Irfan akhirnya tahu bagaimana perasaan mereka semua semenjak dinyatakan positif Covid-19. "Sekarang gue Covid-19 yang masih buat orang masih ditakuti dan enggan buat berdekatan dengan orang positif karena takut tertular. Nah gue ngerasain juga di Covid-19," ungkap Irfan Haim.


Irfan mengakui jika penyebaran virus Corona memang sangat cepat. Karenanya, ia takut dijauhi karena menjadi pasien Covid-19.

"Ada perasaan sungkan, takut mengakui kalau gue kena virus Covid-19. Takut menularkan orang yah pasti," kata Irfan. "Tapi ada rasa dikucilkan. Takut dijauhi. Mungkin nggak hanya gue doang, tapi orang-orang yang terkena virus Covid-19."

Irfan Hakim sadar jika virus Covid-19 tak memandang siapapun orang yang akan dijangkitnya. Karenanya, dia meminta kepada masyarakat agar tidak memandang sebelah mata orang yang positif Covid-19.

"Jadi please jika ada orang yang kena Covid-19, dihindari mungkin iya buat keselamatan diri karena ada protokolnya. Tapi jangan digunjingkan kalau positif," ucapnya. "Padahal ini bisa kena dengan siapa pun."

Menurut Irfan, pasien Covid-19 justru membutuhkan banyak dukungan dan bukan dikucilkan. "Jangan please jangan dicemooh, jangan dipandang rendah. Karena bisa terjadi ke Anda juga," pungkasnya. "Kalau bisa ditenangin biar dia nggak stres."

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru