GDA 2021: BTS Sabet Daesang Album Fisik, Ini Daftar Pemenang Hari Kedua
Musik
Golden Disc Awards 2021

BTS meraih sederet penghargaan di ajang GDA hari kedua yang fokus pada divisi album fisik. Simak pula nama pemenang untuk sejumlah kategori seperti Bonsang hingga Best Rookie Artist.

WowKeren - Golden Disc Awards (GDA) merupakan salah satu ajang penghargaan yang digelar pada awal tahun. Sama seperti perhelatan sebelumnya, GDA 2021 juga akan diselenggarakan selama 2 hari.

GDA hari pertama digelar pada Sabtu (9/1) dan difokuskan pada divisi album digital. Dalam acara penghargaan hari pertama, IU membawa pulang piala Grand Prize Digital Daesang dan Digital Bonsang.

Untuk hari kedua (10/1) difokuskan untuk penghargaan divisi album fisik. Dalam acara tersebut, Bangtan Boys meraih sejumlah penghargaan diantaranya piala Grand Prize (Daesang) Album of the Year dan juga Album Division Bonsang hingga Curaprox Golden Disc Most Popular Artist.

Kemenangan BTS ini berkat album hits mereka "Map of the Soul: 7". Full album keempat BTS, "Map of the Soul: 7", dirilis pada 21 Februari 2020 dan menampilkan title track berjudul "ON". Album tersebut mendapat sertifikasi platinum dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA).


Sementara itu, NCT, EXO, GOT7 serta Black Pink juga meraih penghargaan kategori Album Division Bonsang (Best Album). Untuk kategori Best Rookie Artist diraih oleh ENHYPEN, TREASURE dan penyanyi Trot Kim Ho Joong.

GDA ke-35 di hari kedua dipandu MC Sung Si Kyung dan Lee Da Hee. Adapun prosentase penentuan pemenang akhir GDA yakni 60 persen berdasarkan Pemenang akhir dipilih 60 persen berdasarkan penjualan dan 40% berdasarkan penilaian oleh panel juri. Panel juri terdiri dari komite eksekutif upacara bersama dengan 50 spesialis industri termasuk perwakilan distribusi musik, direktur program musik, kritikus musik, jurnalis yang mengkhususkan diri pada musik, dan banyak lagi.

Mereka akan mengevaluasi ukuran kualitatif seperti rilis pencapaian musik dan pengaruh pada masyarakat. Voting online sendiri tidak akan dilakukan untuk penghargaan kategori utama (Daesang) dan hanya akan diadakan untuk penghargaan popularitas.

Berikut ini daftar pemenang hari kedua Golden Disc Awards 2021:

  1. Album of the Year (Daesang): Bangtan Boys
  2. Album Division Bonsang (Best Album): NCT, EXO, Baekhyun, TXT, GOT7, BLACKPINK, TWICE, Seventeen (II), NCT 127, BTS
  3. Best OST: Jo Jung Suk - "Aloha" ("Hospital Playlist")
  4. Best Performance: (G)I-DLE, Stray Kids
  5. Curaprox Golden Disc Most Popular Artist: BTS
  6. Cosmopolitan Artist Award: NCT 127
  7. QQ Music Fan’s Choice K-pop Artist: EXO
  8. Best Rookie Artist: ENHYPEN, TREASURE, Kim Ho Joong
(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts