Pakistan Padam Total! Satu Negara Gelap Gara-Gara Hal Tak Terduga Ini
AP
Dunia

Menteri Energi Pakistan Omar Ayub Khan mengonfirmasi bahwa negaranya mengalami pemadaman listrik serentak alias blackout yang diakibatkan penurunan daya secara tiba-tiba.

WowKeren - Kejadian pemadaman listrik besar-besaran, atau dikenal juga dengan istilah blackout memang kerap terjadi di beberapa negara. Namun biasanya blackout semacam ini hanya terjadi di beberapa wilayah dalam negeri.

Namun krisis berbeda terjadi di Pakistan. Pasalnya bukan satu daerah saja melainkan satu negara mengalami pemadaman bersama-sama pada Sabtu (9/1) malam waktu setempat.

Usut punya usut, kejadian ini rupanya diakibatkan adanya penurunan daya pada jaringan listrik nasional. Sebagai akibatnya, negara yang dihuni 212 juta jiwa itu mendadak gelap gulita pada akhir pekan kemarin.

"Pemadaman listrik terjadi di seluruh penjuru negeri," terang Menteri Energi Pakistan, Omar Ayub Khan, lewat Twitter-nya. "Hal ini disebabkan penurunan frekuensi secara tiba-tiba di sistem transmisi daya."


Lewat pernyataannya, Khan meminta publik Pakistan untuk tetap tenang sembari sistem kelistrikan negara itu diperbaiki. Dan peristiwa ini pun praktis menjadi pemadaman listrik terburuk di Pakistan sejak 2015.

Lebih jauh dijelaskan Khan, berdasarkan laporan awal, ditemukan adanya kegagalan pada sistem Pembangkit Listrik Guddu yang dibangun di Provinsi Sindh yang terletak di bagian selatan Pakistan. Kerusakan pada pembangkit listrik itu kemudian membuat sistem kelistrikan Pakistan lumpuh sementara waktu.

Meski Khan mendesak publik untuk tetap tenang, nyatanya warga tak bisa mengimplementasikannya begitu saja. Di Karachi misalnya, banyak warga yang mengantre di SPBU terdekat untuk membeli bahan bakar minyak demi menyalakan genset yang sebelumnya sudah menyala semalaman.

Pada Minggu (10/1) pagi waktu setempat, Khan kembali mengumumkan bahwa beberapa daerah vital di Ibu Kota Islamabad sudah kembali beroperasi normal. Sistem penerbangan dan bandara Pakistan pun dipastikan aman.

Perkara blackout semacam ini, dilansir dari CNN, ternyata bukan barang baru untuk Pakistan. Karena itulah beberapa situs publik seperti rumah sakit, bandara, dan hotel memiliki generatornya masing-masing. Bahkan beberapa warga yang mampu pun biasanya memiliki generator listrik di kediaman masing-masing.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru