Tim SAR Perluas Wilayah Pencarian Sriwijaya Air SJ182 Hingga ke Pinggir Pantai
Nasional

Tim Search and Rescue (SAR) gabungan akan memperluas wilayah pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu menjadi enam sektor dari yang sebelumnya hanya 4 sektor.

WowKeren - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan akan memperluas wilayah pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) lalu. Pada hari ketiga, wilayah pencarian akan bertambah menjadi enam sektor dari sebelumnya hanya empat sektor.

"Areal pencarian hari pertama dan dua dibagi empat sektor, hari ini kami bagi jadi enam sektor," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Rasman di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1).

Wilayah pencarian diperluas lantaran serpihan pesawat diduga terbawa ombak sehingga bergeser ke arah pantai. "Di sekitar pantai yang kemungkinan ada barang-barang yang mungkin karena faktor arus, gelombang, dan sebagainya yang akhirnya bergeser ke arah pantai. Oleh karena itu, wilayah pencarian semakin kami perluas," terangnya.


Kegiatan pencarian dan penyelamatan ini melibatkan TNI, Polri, Kemenhub, dan Basarnas. Total ada 2.600 personel yang terjun langsung ke lokasi pencarian maupun yang bersiaga di tiap-tiap posko. Untuk wilayah laut, 53 alat utama berupa sea rider jetski dan perahu karet dikerahkan.

Sementara itu, kotak hitam alias black box yang diduga milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah ditemukan di perairan Kepulauan Seribu pada hari kedua pencarian pada Minggu (10/1). Adapun posisi pesawat Sriwijaya Air tersebut kini terdeteksi 23 meter di bawah permukaan laut.

Hingga kini, tim masih terus berupaya untuk melakukan pengangkatan badan pesawat. Para penyelam akan mengambil potongan pesawat yang kecil. Sedangkan badan pesawat nantinya akan diangkat dengan menggunakan kapal yang dilengkapi penderek alias crane.

"Bagian-bagian yang besar akan kita datangkan kapal yang memiliki kemampuan crane untuk mengangkat bagian-bagian tersebut," terang Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Tim SAR akan dibantu oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang telah mengerahkan tiga alat pencari (pinker finder) untuk menemukan black box pesawat itu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru