PPKM Diberlakukan, Pemkot Bandung Pastikan Tak Ada Check Point
Nasional
PSBB Corona

Pemerintah Kota Bandung memutuskan untuk tidak memberlakukan check point di wilayahnya meski PPKM resmi diterapkan. Sebagai gantinya, pemkot akan melakukan upaya ini.

WowKeren - Mulai Senin (11/1) hari ini, pemerintah resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di kawasan Jawa-Bali. Kebijakan ini sendiri dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona di Indonesia yang terus meningkat setelah libur Nataru.

Salah satu wilayah yang terdampak adalah Kota Bandung, Jawa Barat. Selama PPKM berlangsung, pemerintah kota Bandung akan melakukan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan (prokes) dengan tegas.

Kendati demikian, pemkot Bandung tidak akan melakukan check point. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna.

"Kita sepakat tidak ada check point, tapi akan meningkatkan kualitas pengawasan dan penindakan. Pengetatan pengawasan dan penindakan yang jauh lebih optimal," kata Ema dilansir dari CNNIndonesia pada Senin (11/1).


Alih-alih melakukan check point, Ema mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan pengawasan dengan cara membubarkan dan mencegah kerumunan. "Kita upayakan tidak ada lagi kerumunan dalam level apa pun. Artinya petugas kita di lapangan akan jauh lebih banyak dan lebih intens. Masyarakat yang masih berkerumun kita bubarkan. Yang akan berkerumun kita cegah," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ema memaparkan bahwa pemkot Bandung akan tetap memberlakukan beberapa aturan seperti penyekatan terhadap sejumlah ruas jalan di malam hari. "Penutupan jalan ada potensi diperluas supaya mobilitas terkendali. Karena sebelumnya sudah terbukti konfirmasi aktif menurun," jelasnya.

Untuk aturan lainnya, Ema menyebut bahwa pihaknya masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini diperlukan agar pemkot Bandung dapat membuat regulasi yang sejalan dengan pemerintah provinsi.

Sementara itu, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat sempat mengeluarkan dua Keputusan Gubernur (Kepgub) untuk memastikan PPKM di wilayahnya berjalan dengan optimal. Selain Kepgub, pria yang akrab disapa dengan Emil itu juga mengeluarkan Surat Edaran tentang PPKM untuk bupati/wali kota, TNI/Polri, pelaku usaha, pelaku perjalanan serta masyarakat Jawa Barat.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts