Mengurangi Pendarahan pada Gusi
Shutterstock/Africa Studio
Health

Saat lebah mencampur getah pohon dengan zat alami dari tubuh mereka, lebah akan menghasilkan zat lengket berwarna cokelat kehijauan untuk melapisi sarang mereka yang disebut propolis.

WowKeren - Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian mengungkap jika berkumur dengan menggunakan larutan yang mengandung ekstrak propolis mampu mengurangi pendarahan gusi pada penderita periodontitis. Propolis juga mampu mencegah lepasnya gigi pada orang dengan kondisi tersebut.

Penelitian awal juga menunjukkan manfaat propolis dalam bentuk gel dapat membantu mengurangi gejala penyakit pada gusi. Meski demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk benar-benar memastikan manfaat yang satu ini.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya jika lokasi dimana lebah bersarang akan menentukan kandungan propolis itu sendiri. Itulah yang menyebabkan mengapa setiap hasil penelitian akan memperlihatkan kandungan nutrisi yang berbeda, tergantung dari mana lebah tersebut berasal.

Misalnya madu propolis dari Eropa tidak akan mengandung komposisi yang sama seperti madu propolis Brazil. Manfaat propolis rupanya juga sudah diketahui sejak ribuan tahun lalu. Misalnya saja bangsa Asiria yang mengoleskan propolis pada luka dan tumor untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait