Kenang Kasus Penjiplakan, Devano Danendra Ngaku Down Hingga Blacklist Lagu Sendiri
Instagram/devdanendra
Selebriti

Devano Danendra mengenang kembali masalah penjiplakan yang pernah mewarnai awal perjalanan kariernya. Devano pun mengaku sempat terpuruk karena peristiwa tersebut.

WowKeren - Devano Danendra kembali mengenang salah satu peristiwa yang menjadi ujian besar dalam perjalanan kariernya di industri hiburan. Hal itu berhubungan dengan salah satu lagunya yang dianggap menjiplak karya Fiersa Besari.

"Gue ditawarin main film, 'Dear Nathan Hello Salma'. Di situ gue mulai bimbang lagi, wah gue main film kayaknya keren nih, gue terima tawarannya. Gue casting dan akhirnya terpilih sebagai Ridho. Dan di situ gue ditawarin juga isi soundtrack," kata Devano mengawali cerita di channel YouTube miliknya, dilansir dari Suara.com, Senin (11/1).

"Akhirnya gue isi. Dan gue rilis lagu Ini Aku. Tapi ternyata Tuhan kembali ngingetin gue di sebuah persoalan yang membuat gue sangat down banget dan kembali diberitakan media," sambungnya.

Usai lagu itu rilis, Devano pun menerima banyak komentar negatif hingga dicap sebagai penyanyi yang buruk. Bukan tanpa alasan, remaja 18 tahun ini dinilai sudah menjiplak karya Fiersa Besari yang berjudul "April".

"Gue dipandang jelek, penyanyi jelek. Persoalan itu ada di lagu Ini Aku. Ini Aku dibahas banyak pihak, banyak orang, banyak media karena di lagu itu gue disebut menjiplak lagu Bung Fiersa Besari di lagu 'April'. Banyak banget orang yang sangat marah," tutur Devano. /p>


Tapi dia menekankan bahwa lagu itu bukan diciptakan olehnya. Saat itu, Devano juga tidak mengenal sosok Fiersa Besari ataupun mendengarkan lagu "April".

"Jadi memang gue di saat membuat proses rekaman, saat membuat lagu ini tuh gue nggak tahu persis lagu 'April' kayak apa. Gue belum tahu bung Fiersa, dan gue bukan penciptanya jadi gue nggak tahu. Kenapa dan apa kesamaannya pada saat itu," tandas Devano.

"Gue ibaratnya gue bayar lagu karena 'Ini Aku' enak. Tuhan ternyata ngingetin buat gue belajar dewasa lagi. Ternyata lagu itu memang ada nada-nada yang sama sehingga membuat banyak orang marah," jelasnya.

Dia tidak memungkiri sangat terpukul saat tahu lagu tersebut plagiat. Apalagi nama Devano Danendra di industri musik Tanah Air sedang berada di puncaknya. "Gue ngerasa kayak berat banget di situ. Di saat Menyimpan Rasa lagi naik-naiknya, lagu itu (Ini Aku) dikatakan menjiplak," ungkapnya.

Dari situ, Devano Danendra pun berjanji tidak akan menyanyikan lagu Ini Aku lagi. "Sampai sekarang gue merasa nggak enak dan merasa bersalah. Gue nggak mau nyanyiin sekalipun di off air," pungkas putra Iis Dahlia itu.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru