Presiden Tiongkok Xi Jinping Ikut Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Sriwijaya Air
Dunia

Presiden Xi Jinping, atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok menyampaikan belasungkawa yang mendalam terhadap para korban Sriwijaya Air beserta keluarga yang ditinggalkan.

WowKeren - Presiden Tiongkok Xi Jinping turut menyampaikan belasungkawa kepada Presiden RI Joko Widodo atas tragedi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu.

Dalam pesannya kepada Jokowi, Presiden Xi mengaku terkejut setelah mengetahui sebuah penerbangan sipil di Indonesia terjatuh hingga menimbulkan korban jiwa. Xi atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok menyampaikan dukacita yang mendalam terhadap para korban beserta keluarganya.

Ucapan belasungkawa dari Xi Jinping ini menyusul Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang lebih dulu mengungkapkan dukacitanya. "Presiden Rusia menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas meninggalnya penumpang dan awak pesawat yang jatuh di lepas pantai Jawa itu," tulis pemerintah Rusia lewat siaran resminya.

Dalam siaran tersebut, pemerintah Rusia juga memberikan simpati dan dukungan kepada keluarga serta rekan para korban. "Pemimpin Rusia menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga serta teman-teman para korban."

Selain itu, Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishamuddin Hussein juga turut menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-128 lewat akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Hishamuddin mengatakan bahwa masyarakat Malaysia turut berdukacita atas insiden tragis tersebut.


"Malaysia turut berdukacita dan mengucapkan takziah kepada pemerintah khususnya @Menlu_RI serta rakyat Indonesia atas tragedi yang menimpa pesawat #SriwijayaAir semalam," cuit Menlu Malaysia tersebut.

"Semoga ahli keluarga dan sahabat handai penumpang serta kru pesawat tabah mendepani ujian berat ini," pungkas Hishamuddin.

Sementara itu, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu bisa segera ditemukan. Jokowi memastikan upaya pencarian pesawat dan juga korban terus dilakukan. Ia menyebut pemerintah telah mengerahkan berbagai lembaga dalam pencarian dan penyelamatan.

Pesawat Boeing 737-500 milik maskapai Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, beberapa saat setelah tinggal landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, pada Sabtu (9/1). Pesawat keluaran tahun 1994 itu hilang kontak pada pukul 14.40 WIB pesawat dinyatakan hilang kontak.

Sriwijaya Air SJ-182 mengangkut total 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru. Sebanyak 40 orang dari total penumpang merupakan penumpang dewasa, tujuh di antaranya anak-anak, dan tiga bayi.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait