Begini Cara KNKT Cari Black Box Sriwijaya Air
Nasional

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menjelaskan bahwa black box merupakan bagian vital dari sebuah pesawat karena bisa mengungkap penyebab kecelakaan yang dialami.

WowKeren - Pencarian kotak hitam alias black box pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) lalu hingga kini masih dilakukan. Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menjelaskan metode tim gabungan untuk menemukan black box tersebut.

Selain menggunakan pinger finder atau alat pencari, KNKT juga menggunakan metode triangle untuk menemukan black box tersebut. Metode tersebut dilakukan dengan cara mempersempit pencarian di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya.

Soerjanto menjelaskan bahwa metode triangle tersebut telah diterapkan sejak Minggu (10/1) malam. Pada sore sebelumnya, proses pencarian sempat dihentikan sementara karena terjadi hujan deras.

"Tadi malam sekitar jam 20.00 WIB, turun dengan perahu karet tapi tidak dengan penyelam, untuk membikin triangle untuk mempersempit area keberadaan dua black box tersebut," jelas Soerjanto dalam jumpa pers pada Senin (11/1). "Tadi malam bisa diselesaikan triangle tersebut. Mudah-mudahan hari ini kita bisa temukan kedua black box tersebut."


Soerjanto lantas menjelaskan bahwa black box merupakan bagian vital dari sebuah pesawat karena bisa mengungkap penyebab kecelakaan tersebut. Selain itu, black box juga merekam jejak penerbangan yang fungsinya mirip dengan kartu memori atau hard disk.

Semua data penerbangan yang relevan hingga percakapan di kokpit pesawat dapat tercatat di dalam black box. Benda tersebut mampu merekam suara perangkat pesawat, lalu lintas radio, diskusi antara awak kabin, hingga pengumuman kepada penumpang.

"Black box ini vital data-data yang ada, kedua black box ini," tegas Soerjanto. "KNKT dan Basarnas pencarian black box."

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah mengkonfirmasi bahwa tim gabungan sudah menemukan sinyal black box pesawat Sriwijaya. "TNI polri terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box bisa dipantau dan kita beri marking," jelas Hadi pada Minggu (10/1) lalu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait