Ring Road GBK Tetap Buka Selama PPKM, Pengelola Bakal Usir Pengunjung yang Lakukan Ini
Nasional
PSBB Corona

Pengelola stadion Gelora Bung Karno (GBK) menegaskan tetap membuka area ring road selama PPKM. Kendati demikian, pihaknya tak segan untuk mengusir pengunjung yang melakukan pelanggaran ini.

WowKeren - Pemerintah resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di kawasan Jawa-Bali sejak Senin (11/1) kemarin. Kebijakan ini sendiri dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona di Indonesia yang terus meningkat setelah libur Nataru.

Sehubungan dengan penerapan tersebut, pengelola Gelora Bung Karno (GBK) memutuskan untuk menutup arena olahraga. Kendati demikian, mereka masih akan membuka area ring road dengan syarat pembatasan yang ketat. Hal ini sebagaimana yang dituturkan oleh Susan selaku Direktur Umum Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK).

"Kalau kawasan GBK itu sebetulnya tidak ditutup, karena ada retail restoran tapi pengunjungnya dibatasi. Ukurannya parkiran hanya 25 persen sesuai batasan aturan pemerintah. Bisa dine in sesuai aturan PPKM. Tapi kalau venue olahraga lain semua ditutup. Booking pun dinonaktifkan," ujar Susan dilansir dari CNNIndonesia pada Selasa (12/1).

Meski area ring road di GBK tetap buka, pihak pengelola tak segan untuk mengusir pengunjung yang berkerumun. Selain itu, mereka juga akan mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan setiap 30 menit sekali.


"Kalau ada pengunjung yang duduk-duduk, foto-foto berkerumunan kami usir. Kami lebih ketat kali ini menyesuaikan aturan pemerintah. Akses pintu masuk dan keluar juga hanya satu yang dibuka, yakni pintu V atau di depan FX," tegas Susan.

Area ring road di stadion GBK sendiri biasanya digunakan pengunjung untuk berlari atau bersepeda. Selama PPKM, area ini dibatasi 25 persen (maksimal 2 ribu orang) per sesi yang lamanya mencapai satu jam.

"Kalau masih aman, akan kami lanjutkan. Hari ini saja pengunjung ring road hanya 500-an. Semua kami sesuaikan dengan aturan. Kami juga tidak mau melanggar takut terjadi kluster. Nanti kami akan evaluasi, kalau kapasitasnya naik, ring road bisa tidak dibuka," ujar Susan.

Sementara itu, pemerintah juga akan menggelar vaksinasi di samping penerapan PPKM. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang divaksin dan prosesnya akan disiarkan secara langsung pada Rabu (13/1) besok.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts