Disebut Jadi Calon Kuat Kapolri, Kabareskrim Listyo Sigit Bilang Begini
Nasional

Sebagai informasi, anggota Komisi III dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid sempat menyebut Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit merupakan kandidat Kapolri terkuat yang akan dipilih Jokowi.

WowKeren - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) diketahui telah menyetorkan lima nama calon Kapolri anyar pengganti Idham Azis. Diketahui, Idham akan segera memasuki masa pensiun pada Februari 2021 mendatang.

Salah satu calon yang diajukan oleh Kompolnas adalah Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Jenderal bintang tiga itu disebut-sebut akan menjadi calon tunggal Kapolri yang dipilih oleh Jokowi untuk diajukan ke DPR RI.

Menanggapi isu tersebut, Listyo pun buka suara. Ia enggan menanggapi prediksi yang menyebutnya sebagai calon tunggal Kapolri lantaran tak mengetahui dari mana isu tersebut muncul. Listyo bahkan menilai berbagai macam pernyataan yang menyebutnya sebagai calon Kapolri pilihan Jokowi tidak berdasar.

"Karena memang saya enggak tahu itu muncul dari mana," tutur Listyo dilansir Kompas.com, Senin (11/1). "Jadi hoaks menurut saya."


Sebagai informasi, anggota Komisi III dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid sempat menyebut Listyo merupakan kandidat terkuat yang akan dipilih Jokowi. "Prediksi saya, calon terkuat Pak Listyo Sigit Prabowo tanpa menutup peluang pak Gatot Edy Pramono (Wakapolri) dan lainnya. Semuanya kembali pada ketentuan Allah dan Presiden," jelas Jazilul.

Terkait dengan kapan Surat Presiden perihal nama calon Kapolri akan dilayangkan ke DPR, tutur Jazilul, ada dua opsi yakni Selasa (12/1) hari ini atau Rabu (13/1) besok. Namun Jazilul kembali mengungkap dugaan bahwa Surpres akan diserahkan pada Rabu yang kebetulan dalam kalender Jawa masuk hari Wage.

"Hemat saya, mungkin Rabu keramat itu, kita tunggu saja," jelas Jazilul, dilansir dari Kumparan. "Semoga yang terbaik yang diusulkan dan dipilih jadi Kapolri. Rabu Wage lebih bagus hitungannya, neptunya sebelas."

Sementara itu, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI-P Trimedya Panjaitan menyatakan bahwa Listyo menjadi calon kuat bersama Wakapolri saat ini, Komjen Gatot Edy Pramono. "Konon menguat ke Listyo Sigit Prabowo, tapi kan namanya politik, Kapolri itu jabatan politik," tutur Trimedya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts