Gaya Fashion Idol Terlalu Bergantung pada Baju-Baju dari Brand Terkenal dan Mewah?
Selebriti

Seiring popularitas K-pop yang meningkat secara global, proporsi model idol di industri fashion juga meningkat setiap hari. Idol K-Pop global mulai mengambil alih posisi Ambassador.

WowKeren - Sudah lama sekali member grup idol dipilih sebagai brand ambassador untuk mempromosikan barang bermerek. Seringkali mereka disebut "human (nama brand mewah)" karena brand pakaiannya dengan sempurna menekankan individualitas idol dan melengkapi tubuh mereka dengan baik. Namun, ada kalanya stylist idol bersikeras untuk mendandani member grup idol dengan pakaian yang tidak pas karena mereka hanya fokus pada pengenalan brand.

Seiring popularitas K-pop yang meningkat secara global, proporsi model idol di industri fashion juga meningkat setiap hari. Idol K-Pop global mulai mengambil alih posisi Ambassador, yang dulunya terbatas pada beberapa aktor dan model paling top yang memiliki pengaruh global. Dalam kasus BLACKPINK (Black Pink), semua member dipilih sebagai ambassador untuk berbagai brand mewah global dan telah dipuji karena pilihan fashion mereka.

Menurut kolumnis mode Jeong So Young, pengaruh pemasaran idol atau influencer meningkat dari hari ke hari. Dulu, brand-brand mewah mengatur model pemasaran mereka dengan membagi selebriti ke dalam peringkat yang berbeda. Namun, batasan itu telah kabur karena semakin banyak idol yang diakui secara global. Karenanya, para member grup idol ini memiliki efek promosi yang kuat ketika mereka mengenakan pakaian bermerek. Meski begitu, ada kalanya stylist mengecewakan penggemar ketika member grup idol tersebut mengenakan pakaian yang tidak pas atau warna yang tidak serasi meski mengenakan pakaian mewah baru.

Gaya Fashion Idol Terlalu Bergantung pada Baju-Baju dari Brand Terkenal dan Mewah?

Source: Allkpop


Pada 10 Januari, BTS (Bangtan Boys) tampil di Golden Disc Awards (GDA) 2021 yang semuanya mengenakan pakaian dari koleksi Spring-Summer 2021 brand-brand mewah. Beberapa penggemar kecewa karena mereka mengatakan jaketnya tidak pas atau panjang celananya tidak pas untuk member tertentu. Netizen lain mengkritik bahwa individualitas masing-masing member dan grup telah menghilang.

Tak hanya itu, drama tvN "True Beauty" juga mendapat kritikan ketika netizen mengkritik fashion para aktor di drama itu. Sebagian besar netizen mengkritik bahwa jaket denim merek mewah yang dikenakan Cha Eunwoo di episode tujuh tidak sesuai dengan konsep drama tersebut. Netizen berkomentar, "Kupikir adegan ini berasal dari serial 'Reply'," dan "Cha Eunwoo akan terlihat bagus dalam segala hal kecuali rambutnya dan jaketnya sama sekali tidak cocok untuknya."

Kritik keras seperti itu ditujukan kepada stylist idol. Banyak yang mengatakan bahwa stylist tertentu tampaknya mengabaikan tugas mereka sebagai stylist dan hanya fokus pada nama brand mewah.

Sebagai tanggapan, salah satu stylist idol berkata, "Akhir-akhir ini, mendapatkan sponsor brand mewah terkait dengan kemampuan stylist sehingga stylist tersebut mungkin meng-individualisasi idol. Dalam beberapa kasus, pemaparan brand di bandara melalui airport fashion atau event lainnya sudah dinegosiasikan oleh brand tertentu, dan selebriti menerima biaya promosi. Memang ada banyak hambatan dan batasan meskipun kita ingin menonjolkan individualitas selebriti."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait