Waduh! Pfizer Ogah Dituntut Jika Vaksin COVID-19 Buatannya Bermasalah
Nasional

Pemerintah Indonesia belum mendapat komitmen pembelian vaksin Corona COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech hingga kini karena pihak terkait meminta dibebaskan dari tuntutan hukum apabila terjadi masalah dalam proses vaksinasi

WowKeren - Hingga kini pemerintah Indonesia belum mendapat komitmen pembelian vaksin Corona COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Menurut Honesti, hal ini dikarenakan pihak Pfizer-BioNTech meminta dibebaskan atau dilepaskan dari tuntutan hukum apabila terjadi masalah dalam proses vaksinasi, sehingga sampai saat ini masih dalam proses negosiasi.

"Mereka menginginkan adanya agreements antara Pfizer global dengan Pemerintah Indonesia, karena memang ada beberapa klausul yang mereka diminta untuk diberikan semacam kebebasan atau pun dilepaskan dari klaim tuntutan hukum kalau seandainya ada masalah dalam program vaksinasi," katanya dalam rapat terbuka Komisi IX DPR RI bersama Kementerian Kesehatan, Selasa (12/1). "Ini masih kita diskusikan, karena kita juga tidak mau mendapatkan semacam cek kosong saja, tapi kita juga melihat nanti bagaimana klausa bisa kitanegosiasikan dengan Pfizer-BioNTech."


Padahal Indonesia telah berencana untuk memesan vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech sebanyak 50 juta dosis dengan opsi penambahan 50 juta dosis lagi. Namun, ini masih dalam tahap finalisasi.

Vaksin ini sendiri sebelumnya telah mendapatkan izin penggunaaan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bahkan vaksin Corona Pfizer-BioNTech disebut memiliki tingkat efektivitas mencapai 90 persen.

Meski begitu, vaksin tersebut harus disimpan dalam suhu dingin minus 70 derajat celsius. Hal ini menyebabkan vaksin Corona Pfizer-BioNTech membutuhkan perhatian khusus dalam proses pendistribusiannya, terutama di negara tropis seperti Indonesia.

Rencananya pemerintah akan lebih selektif dalam membagikan vaksin ini. "Jadi memang Pfizer sudah masuk program vaksinasi dan mereka akan meminjamkan storage khusus untuk daerah-daerah yang vaksinasi COVID-19," terang Honesti, Rabu (30/12).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru