8 Manfaat Menjaga Kuku Tetap Pendek, Nomor 7 Tak Banyak Yang Tahu
https://www.byrdie.com/
Health

Memotong kuku dapat meminimalisir peluang masuknya kuman dan bakteri ke bagian bawahnya. Bakteri dan kuman yang terkumpul bisa membuat tampilan kuku menjadi kotor.

WowKeren - Tak sedikit orang yang memilih untuk memanjangkan kuku mereka dengan alasan untuk terlihat lebih cantik dan indah. Namun demikian, ada juga yang lebih suka dengan tampilan kuku yang pendek. Sebab menurut mereka tampilan kuku yang panjang bisa jadi mengganggu.

Sehingga untuk golongan ini akan lebih rajin memotong kuku mereka secara berkala. Siapa sangka jika menjaga kuku tetap pendek bisa memberikan sejumlah manfaat. Meski bagi sebagian orang kuku pendek terlihat kurang cantik namun bagi sebagian orang tertentu justru lebih menyukai tampilan yang simpel dan bersih.

Rupanya tak hanya bisa membuatnya terlihat bersih, kuku yang pendek bisa jadi lebih sehat, lho. Berikut manfaat kuku pendek yang tak banyak orang tahu.

(wk/zodi)

1. Kuku Terlihat Lebih Bersih


Kuku Terlihat Lebih Bersih
Unsplash/Louana Rose

Manfaat yang pertama tentu saja akan membuat kuku terlihat lebih bersih. Ujung kuku yang panjang terkadang menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran sehingga jika menumpuk akan membuat kuku tampak kotor dan kurang terawat.

Kotoran ini sangat mudah bersarang di bawah kuku. Tak hanya kotoran, kuman dan bakteri pun bahkan bisa masuk ke bagian bawah kuku. Oleh sebab itu agar hal ini tidak terjadi sebaiknya kamu memotong kuku jika sudah mulai terlihat panjang.

2. Lebih Sehat


Lebih Sehat

Memotong kuku dapat meminimalisir peluang masuknya kuman dan bakteri ke bagian bawahnya. Bakteri dan kuman memang sangat kecil sehingga tak kasat mata. Tetapi akan bisa dilihat jika sudah terkumpul banyak hingga membuat ujung kuku berwarna hitam.

Selain terlihat kotor, kuku yang panjang bisa menjadi sumber penyakit. Jika kamu makan menggunakan jarimu, tak menutup kemungkinan kuman ini akan ikut terbawa bersama makanan saat kamu memasukkannya ke dalam mulut.

3. Menghindari Kuku Patah


Menghindari Kuku Patah

Kuku patah selain membuat tampilan menjadi aneh juga bisa menyebabkan rasa sakit jika terlalu dalam. Tak jarang pula kuku yang patah akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika kamu harus memegang barang atau aktivitas apapun yang membuat kukumu bersentuhan dengan permukaan benda lain.

Kuku yang patah dapat terjadi karena faktor kerapuhan. Kerapuhan ini meningkat seiring dengan semakin panjangnya kuku. Oleh sebab itu, agar kukur tetap kuat maka jangan membiarkannya terlalu panjang. Dengan kuku yang pendek kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kuku mengelupas atau patah yang justru bisa mengganggu keseharianmu.

4. Lebih Mudah Dirawat


Lebih Mudah Dirawat
https://www.byrdie.com/

Dengan kuku yang pendek kamu bisa melakukan perawatan dengan lebih mudah. Hal ini berbeda ketika kamu memiliki kuku yang panjang. Kuku yang panjang membutuhkan proses perawatan yang relatif lebih sulit.

Dengan kuku pendek yang bersih, kamu tak perlu menggunakan sikat khusus untuk membersihkan bagian bawah kuku. Cukup dengan menggunakan nail file dan menghaluskan kuku agar tidak terasa kasar saat disentuh.

5. Mencegah Kuku Tumbuh ke Dalam


Mencegah Kuku Tumbuh ke Dalam
iStockphoto

Kuku tumbuh ke dalam atau yang lebih sering disebut ingrown nails cenderung lebih banyak dialami oleh mereka yang memiliki kuku panjang. Dalam level tertentu kuku tumbuh ke dalam bisa sangat mengganggu.

Pasalnya, kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit yang begitu parah. Dalam skenario terburuk ingrown nails bisa memicu terjadinya pembengkakan. Hal ini disebabkan karena kuku yang panjang tersebut akan terus tumbuh hingga menembus kulit.

6. Menurunkan Risiko Infeksi Jamur dan Bakteri


Menurunkan Risiko Infeksi Jamur dan Bakteri
Shutterstock/Iris AN

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kuku yang panjang bisa menjadi sarang bakteri untuk tumbuh. Jika sudah begini maka infeksi bakteri bisa saja terjadi terutama bagi kamu yang suka menggaruk bagian tubuh manapun dengan menggunakan kuku panjang yang yang tidak terjaga kebersihannya.

Selain bakteri, kuku yang panjang juga bisa menjadi sarang jamur. Infeksi jamur di sekitar kuku bisa terjadi dengan memunculkan gejala seperti gatal bahkan beruam. Selain itu jika kasusnya lebih parah bukan tidak mungkin area sekitar kuku akan menghasilkan bau busuk.

7. Mencegah Penebalan Kulit


Mencegah Penebalan Kulit

Penebalan kulit di sekitar jari bisa disebabkan karena kuku yang panjang. Kuku panjang meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri sehingga hal ini akan memicu terjadinya penebalan kulit di sekitar kuku.

Tak jarang hal ini dibarengi dengan munculnya rasa sakit yang teramat mengganggu. Bahkan pada beberapa kasus, kondisi ini memerlukan perawatan serius dari dokter dan memakan waktu yang cukup lama untuk bisa sembuh kembali.

8. Mengurangi Risiko Gangguan Pencernaan


Mengurangi Risiko Gangguan Pencernaan

Kebersihan kuku yang terawat bisa berdampak pada kondisi pencernaan. Dengan kuku yang pendek dan bersih kamu bisa mengurangi risiko gangguan pencernaan. Sebab, saat kukumu panjang, kotoran yang mengandung kuman dan bakteri akan lebih mudah bersarang di bagian bawah kuku.

Meskipun sudah mencuci tangan sebelum makan hal ini tak serta merta menjamin kukumu bersih. Saat makan dengan menggunakan tangan, kuman dan bakteri dari kukumu bisa ikut terbawa masuk bersama makanan hingga menuju ke pencernaan. Hal ini berpotensi membuatmu mengalami keracunan dan gangguan pencernaan.

Selain memotong kuku secara berkala, merawat kuku agar tetap cantik sebenarnya bisa dilakukan dari dalam. Misalnya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah dan sayur. Mencukupi kebutuhan air juga penting untuk membuat bagian tubuh tetap terhidrasi termasuk kuku.

You can share this post!

Related Posts