Raffi Ahmad Baru Disuntik Vaksin Satu Kali, Ridwan Kamil: Jangan Euforia Dulu!
Instagram/raffinagita1717
Selebriti
Kontroversi Raffi Ahmad Usai Divaksin

Raffi Ahmad menuai banyak kritik dari warganet serta rekan-rekan artis terkait kegiatannya setelah disuntik vaksin Sinovac. Ternyata Ridwan Kamil sempat memperingatkan Raffi.

WowKeren - Raffi Ahmad menjadi bahan gosip setelah menerima suntikan vaksin Corona buatan Sinovac Biotech Ltd., Tiongkok bersama Presiden Joko Widodo. Raffi dianggap mewakili milenial serta influencer yang dapat memengaruhi masyarakat luas untuk tidak takut divaksin.

Namun Raffi justru kedapatan berkumpul bareng rekan-rekan artis lain tanpa menggunakan masker. Sikap Raffi tersebut lantas menuai banyak kritik dari masyarakat serta rekan-rekan artis. Di antaranya Sherina dan Ernest Prakasa.

Setelah disuntik vaksin, Raffi juga menghadiri acara yang sama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Seperti diketahui, Ridwan Kamil terlebih dahulu disuntik vaksin sebagai relawan. Dalam kesempatan tersebut, ia hadir secara virtual.

"Karena vaksin Sinovac kan harus dua kali," ujar Ridwan Kamil di acara "Mata Najwa". "Secara saya disuntik pertama di bulan Agustus, di pertengahan. Kemudian 14 harinya di awal September, sehingga sudah dua kali."


"Dan berita baiknya, tiga bulan setelah disuntik, darah saya mengandung 99%, menurut Profesor Kusnandi Rusmil, antibodi," bebernya. "Jadi dalam tubuh saya sekarang Alhamdulillah sudah berlimpah antibodi melawan Covid."

Menanggapi Raffi yang ikut disuntik vaksin Sinovac, Ridwan Kamil mengingatkan agar tak merasa gembira berlebihan. Sebab Raffi harus disuntik sebanyak dua kali terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Jadi Raffi Ahmad, jangan euforia dulu. Pertama, karena baru disuntik sekali. Harus disuntik 14 hari kemudian yang kedua," kata Ridwan Kamil memperingatkan. "Nah kemudian setelah suntikan kedua baru 3 bulan si antibodi itu muncul secara maksimal."

Mengenai efek setelah disuntik vaksin, Ridwan rupanya merasakan hal yang sama seperti Raffi. Ridwan Kamil lantas berharap masyarakat tidak takut disuntik vaksin Sinovac karena tidak akan menimbulkan efek berbahaya seperti kesimpangsiuran yang beredar selama ini.

"Saya tidak demam, saya tidak ada bengkak, tidak berubah jadi warna hijau atau jadi Spiderman. Enggak ada. Yang ada cuma dua efek persis seperti ke Raffi Ahmad," pungkasnya. "Satu jam pegel aja pas disuntik, wajar ya karena ada cairan masuk. Kemudian ngantuk-ngantuk tiga hari setelahnya."

(wk/nere)

You can share this post!

Related Posts