7 Trik Jitu Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup dan Lengket di Wajan Bagi Pemula
Kuliner

Masalah yang kerap terjadi saat menggoreng ikan adalah lengket di wajan sehingga hasilnya kurang memuaskan saat matang. Begitu juga dengan letupan minyak yang bisa membuat kulit panas.

WowKeren - Bagi sebagian orang, memasak bisa jadi bukan perkara yang mudah. Apalagi bagi pemula, mungkin ada banyak hal-hal yang tidak berjalan sesuai ekspektasi. Bagi kamu yang pemula, tahap awal yang bisa dilakukan untuk membuat lauk pauk adalah dengan menggoreng ikan.

Meski demikian, menggoreng ikan bisa jadi hal yang cukup sulit bagi pemula untuk melakukannya. Meski terdengar simpel tetapi ada sejumlah langkah yang perlu diperhatikan agar mempelajari aktivitas memasak yang satu ini bisa berjalan lancar.

Salah satu masalah yang kerap terjadi saat menggoreng ikan adalah ikan lengket di wajan sehingga hasilnya kurang memuaskan ketika matang. Ada juga letupan minyak yang bisa jadi membuat pemula trauma untuk mencobanya lagi. Agar hal-hal semacam itu tidak terjadi, berikut hal yang perlu kamu perhatikan saat menggoreng.

(wk/zodi)

1. Pastikan Wajan yang Kamu Pakai Bersih


Pastikan Wajan yang Kamu Pakai Bersih

Pertama-tama, kamu harus memastikan jika wajan yang akan kamu gunakan sudah dicuci bersih. Hindari menggoreng ikan di wajan yang bekas. Bekas di sini maksudnya, kamu telah menggunakan wajan itu sebelumnya untuk menggoreng lauk yang lain.

Sebab, bisa jadi ada sisa makanan sebelumnya yang menempel di wajan sehingga akan membuat ikanmu lengket di sana. Selain itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan wajan khusus yang anti lengket.

2. Sesuaikan Takaran Minyak


Sesuaikan Takaran Minyak

Kemudian, penting juga untuk memperhatikan takaran minyak yang akan kamu gunakan. Jangan terlalu banyak karena minyak yang panas ditambah dengan ikan yang ada di dalamnya, akan membuat minyak mudah meluap.

Tuangkan minyak ke penggorengan tidak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan. Sebaliknya, jangan terlalu sedikit karena jika ikan tidak tercelup minyak juga bisa membuatnya lengket saat dibalik.

3. Jangan Terburu-buru, Tunggu Minyak Hingga Panas


Jangan Terburu-buru, Tunggu Minyak Hingga Panas

Kamu harus bersabar sebab usai menuangkan minyak ke wajan tak serta merta kamu bisa memasukkan ikan ke dalamnya. Tunggu dulu hingga minyak terasa panas. Sebab jika kamu menggoreng ikan dalam minyak yang tidak begitu panas, akan memerlukan waktu lebih lama untuk mematangkannya.

Selain itu, minyak yang kurang panas bisa membuat ikan lengket dan hancur saat dibalik. Bahkan bisa jadi ikanmu akan kehilangan bentuk ketika matang sehingga hidangan menjadi tak lagi menarik. Memasukkan ikan ke dalam minyak yang belum panas juga bisa membuat ikan menyerap terlalu banyak minyak saat matang.

4. Tiriskan Ikan Sebelum Diberi Bumbu


Tiriskan Ikan Sebelum Diberi Bumbu

Setelah kamu mencuci bersih ikan, tiriskan hingga tidak ada air yang menempel sebelum kamu menaburinya dengan bumbu. Sebab, kandungan air dari ikan akan membuatnya meletup-letup hebat saat digoreng di minyak yang panas.

Jika kamu menggunakan bumbu yang dicampur dengan air, pastikan kamu meniriskannya betul-betul sebelum memasukkannya ke wajan, ya. Selain itu, ikan yang masih basah juga membuatnya lebih lama matang dan menjadi lengket.

5. Kamu Bisa Memberi Minyak dengan Jeruk Nipis


Kamu Bisa Memberi Minyak dengan Jeruk Nipis

Tak banyak yang tahu, memberi perasan air jeruk nipis ke dalam wajan berisi minyak bisa mengurangi risiko terjadinya letupan saat menggoreng ikan. Cobalah meneteskan air jeruk nipis ke dalam minyak saat menggoreng ikan.

Selain mengurangi letupan, air jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Sebab, ada kalanya bau amis pada ikan tak kunjung hilang meski sudah dicuci bersih dan diberi bumbu.

6. Tidak Buru-Buru Membalik Ikan


Tidak Buru-Buru Membalik Ikan

Kunci memasak adalah bersabar. Meski kamu sedang bersemangat untuk memasak, tetap tunggu sampai ikan di wajan benar-benar dalam kondisi sudah bisa dibalik. Membalik ikan sebelum waktunya hanya akan membuatnya lengket di wajan.

Menyentuh ikan saat teksturnya masih lunak akan membuatnya hancur. Tunggu hingga bagian bawah ikan berwarna keemasan sebelum membaliknya. Selain itu, hindari membolak-balik ikan terlalu sering karena juga bisa membuatnya hancur.

7. Jangan Pakai Api Terlalu Besar


Jangan Pakai Api Terlalu Besar

Selain jumlah minyak, kamu juga perlu memperhatikan besarnya api yang kamu gunakan. Jangan terlalu besar karena hanya akan membuat ikan cepat gosong di bagian luar namun bagian dalamnya masih mentah. Sebaliknya, menggoreng ikan dengan api yang terlalu kecil juga bisa membuatnya matang lebih lama.

Ikan adalah salah satu sumber makanan bergizi yang banyak mengandung protein sehingga baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, bukan hal yang buruk untuk sering mengonsumsi ikan.

Setelah kamu tahu beberapa trik jitu menggoreng ikan dengan baik dan benar kamu bisa mencoba bereksperimen dengan cara memasak ikan yang lainnya. Misalnya dengan bumbu asam manis atau kuah asam pedas. Selamat mencoba!

You can share this post!

Related Posts