Ketua Satgas COVID-19 Kembali Tegur Kepatuhan Prokes Selebriti Di Variety Show
Nasional

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo, mengatakan beberapa artis sekaligus publik figur yang tampil di variety show di sejumlah stasiun televisi belum disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

WowKeren - Isu mengenai selebriti atau artis yang hanya mengenakan face shield tanpa masker kala hadir di layar kaca sudah menjadi perbincangan banyak orang. Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo, turut mengungkapkan pendapatnya mengenai hal itu.

Dikutip dari Kompas, Doni mengatakan beberapa artis sekaligus publik figur yang tampil di variety show di sejumlah stasiun televisi belum disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang dimaksud yaitu tidak menggunakan masker dan faceshield.

"Variety show, beberapa idola masyarakat ini tidak menggunakan masker dengan baik, ada faceshield diberikan tidak dipasang dengan baik, seolah ini hanya sebagai hal yang tidak menentukan, padahal ini nyawa kita semua," kata Doni dalam rapat kerja Komisi VIII DPR, Kamis (14/1).

Untuk menanggulangi hal ini, Doni mengatakan pihaknya telah bertemu dengan pemimpin televisi dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hal ini dilakukan agar KPI melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran kolektif kepada masyarakat guna mematuhi protokol kesehatan.


Lebih lanjut, Doni menekankan para publik figur tak boleh keliru dalam melakukan tindakan terutama soal kepatuhan protokol kesehatan. Sebab, setiap perilaku publik figur akan mempengaruhi perilaku masyarakat.

“Untuk patuh protokol kesehatan terutama acara variety show, untuk news berita sudah bagus sekali," ujarnya. "Kultur masyarakat kita melihat. Nah ketika yang dilihat itu beri contoh tidak baik diikuti, ini yang harus kita cegah."

Ini bukan pertama kalinya, publik figur mendapat teguran. Sebelumnya Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan KPI terkait penerapan protokol kesehatan.

"Kita sudah kerja sama dengan KPI. Coba tanya mereka. Coba tanya KPI, kenapa mereka tidak tegur pelaku hiburan, padahal sudah koordinasi dengan Satgas," tegas Wiku dilansir Kumparan pada Senin (11/1).

Lebih lanjut, Wiku menyatakan bahwa semua institusi harus berkolaborasi dan mengambil peran dalam mengendalikan penyebaran COVID-19. Wiku menegaskan bahwa pengendalian COVID-19 tidak bisa hanya ditangani dan bergantung pada Satgas.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru