Masih Situasi Darurat Corona, Atlet Asing Dilarang Masuk Jepang
Dunia
Pandemi Virus Corona

Pemerintah Jepang melarang masuk atlet asing yang bakal berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2021 selama situasi darurat diberlakukan. Ini dilakukan demi menekan lonjakan kasus COVID-19 di Jepang.

WowKeren - Jepang saat ini tengah berada dalam situasi darurat corona yang membuat pintu kunjungan untuk warga asing tertutup. Rupanya kebijakan tersebut juga berlaku untuk atlet asing yang turut berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas 2021.

Dikutip dari Kyodo News, langkah ini dilakukan demi menekan lonjakan kasus COVID-19 yang terus melonjak enam bulan sebelum olimpiade digelar. Penangguhan akan berlangsung hingga 7 Februari, hari terakhir pemberlakuan keadaan darurat virus corona di ibu kota Tokyo dan kota-kota besar lainnya, kata Kyodo, mengutip sumber tidak dikenal yang mengetahui masalah tersebut.

Jepang sendiri saat ini tengah bergulat dengan rekor lonjakan infeksi virus corona sehingga mendorong pemerintah untuk memperketat kontrol perbatasan dan memperluas keadaan daruratnya untuk mencakup lebih dari setengah populasi negara itu.


Larangan masuk Negeri Sakura itu mencakup atlet dan pelatih asing non-residen liga olahraga Jepang, termasuk sepak bola J-League yang memulai musimnya bulan depan dan Nippon Professional Baseball yang membuka pelatihan musim semi 1 Februari 2021. Sedangkan atlet asli Jepang akan diizinkan masuk kembali ke negaranya tetapi harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari, sehingga mereka tidak dapat berlatih atau bertanding.

Sementara itu, sepertiga penduduk Jepang diketahui menginginkian agar Olimpiade tersebut dibatalkan. Alasannya, mereka khawatir masuknya orang asing untuk mengikuti Olimpiade akan menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 lebih lanjut.

"Saya pikir ini sulit. Tidak mungkin mengadakan Olimpiade," tutur warga Saitama, Tatsuhiko Akamasu, yang tengah mengunjungi Tokyo, dilansir Reuters pada Jumat (8/1). "Hanya kurang 2,5 bulan hingga estafet obor. Saya kira kita tidak bisa mengendalikan virus selama periode ini."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts