Sederhana Tapi Ampuh, Ini 7 Bahan Alami untuk Obati Jamur Kuku di Rumah
Health

Sebagai bagian tubuh yang kerap bersinggungan dengan benda lain, kuku rentan mengalami kotor. Jika tidak dirawat dengan baik, kotoran yang menumpuk bisa menjadi sarang jamur dan bakteri.

WowKeren - Kuku yang bersih dan sehat bisa menambah rasa percaya diri karena mampu menunjang kecantikan. Sehingga bagian tubuh yang satu ini juga harus dirawat dengan baik. Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang banyak bersentuhan dengan benda-benda.

Tak ayal jika kuku rentan kemasukan kotoran, bakteri, maupun jamur yang mengganggu kesehatan. Salah satu keluhan terkait kondisi kuku yang umum dialami adalah infeksi jamur pada kuku. Kondisi ini banyak dialami pada jari kaki, dimana terjadi peradangan, penebalan, pembengkakan, dan menguning.

Dalam kasus yang lebih parah bisa timbul rasa nyeri yang ada di area tersebut. Berikut bahan alami yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi masalah tersebut.

(wk/zodi)

1. Tea Tree Oil


Tea Tree Oil

Bahan alami yang pertama adalah tea tree oil. Tea tree oil memiliki khasiat anti-jamur dan antiseptik. Untuk bisa menggunakan bahan yang satu ini, caranya cukup mudah.

Pertama-tama kamu harus terlebih dahulu membersihkan area yang terinfeksi jamur. Kemudian oleskan sedikit tea tree oil langsung ke jari kaki. Biarkan minyak meresap selama kurang lebih sepuluh menit sebelum menggosoknya. Lakukan cara ini dua kali sehari.

2. Ekstrak Daun zaitun


Ekstrak Daun zaitun

Ekstrak daun zaitun memiliki zat aktif yang disebut oleuropein. Zat ini dianggap memiliki sifat melawan jamur maupun mikroba serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk cara penggunaannya, kamu bisa mengoleskan salep yang mengandung ekstrak daun zaitun langsung ke area yang terinfeksi jamur. Ekstrak daun zaitun juga tersedia dalam bentuk kapsul sehingga bisa langsung dikonsumsi. Melansir Health Line, mengonsumsi satu hingga tiga kapsul daun zaitun dua kali sehari lebih efektif daripada menggunakan salep .

3. Bawang Putih


Bawang Putih

Masih melansir Health Line, sebuah kajian menemukan jika bawang putih memiliki beberapa kemampuan antijamur dan antimikroba. Caranya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan bawang iris atau yang sudah dihaluskan.

Oleskan ke area yang terkena infeksi selama kurang lebih 30 menit. Lakukan sehari sekali hingga menunjukkan hasil. Jika kamu tidak tahan dengan bau bawang yang memang kuat, kamu bisa melakukan pengobatan dari dalam dengan mengonsumsi kapsulnya.

4. Baking Soda


Baking Soda

Siapa sangka jika bahan memasak yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mengobati infeksi jamur pada kuku. Baking soda memiliki kemampuan untuk mengurangi kelembapan berlebih pada jari-jari kaki. Selain itu, bahan ini juga akan menetralisasi bau kaki dan bertindak sebagai penawar jamur kuku.

Caranya, buat pasta dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu oleskan ke kuku yang terinfeksi. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Kamu juga bisa mencampurkan baking soda dengan seember air agar bisa merendam kaki.

5. Cuka Apel


Cuka Apel

Cuka memiliki sifat yang sedikit asam. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk menyeimbangkan pH kulit. Jamur kuku bisa disebabkan karena pH kulit yang tidak normal sehingga menimbulkan infeksi peradangan pada kuku kaki.

Sehingga pemakaian cuka apel akan membantu mencegah jamur menyebar dan membunuhnya. Cara untuk mengaplikasikannya, campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Lalu rendam area yang terinfeksi selama 30 menit sehari.

6. Minyak Bunga Levender


Minyak Bunga Levender

Seperti namanya, minyak lavender adalah salah satu minyak esensial yang dibuat dari bunga lavender dengan cara diekstraksi dengan proses destilasi uap. Minyak ini memiliki sifat antiseptik, dan juga mencegah iritasi kulit.

Untuk mengobati infeksi jamur pada kuku, cukup mengoleskannya ke area yang terinfeksi dan biarkan selama 10 hingga 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari. Cara ini adalah pengobatan jamur kuku yang direkomendasikan oleh ahli penyakit kaki.

7. Minyak Oregano


Minyak Oregano

Dalam minyak oregano terkandung zat yang disebut timol. Berdasarkan sebuah kajian yang dilakukan pada tahun 2016, timol memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Untuk menggunakan minyak oregano, cukup oleskan minyak ini ke area yang terinfeksi jamur kuku. Lakukan dua kali sehari dengan menggunakan kapas bersih.

Salah satu faktor penyebab jamur kuku adalah kurangnya menjaga kebersihan, terutama pada kuku yang panjang. Untuk itu, sebaiknya kamu rajin memotong kuku.

Sebab selain menjaga kebersihan, kuku yang pendek juga memiliki berbagai manfaat, seperti yang bisa kamu baca di artikel ini. Kuku pendek juga bisa mencegah terjadinya kuku patah. Untuk mencegah agar tidak sampai terjadi kuku patah, kamu bisa membaca artikel ini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru